fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Berapa Lama Penyakit Kelamin Terdeteksi Khususnya untuk HPV?

Berapa Lama Penyakit Kelamin Terdeteksi Khususnya untuk HPV?
Berapa Lama Penyakit Kelamin Terdeteksi Khususnya untuk HPV? 2

Berapa Lama Penyakit Kelamin Terdeteksi : Banyak orang sering bertanya tentang kapan penyakit kelamin terdeteksi? Hal ini sering dipertanyakan oleh orang-orang, khususnya ketika mereka penasaran dengan penyakit HPV. Infeksi menular seks ini biasanya sering terjadi pada orang yang suka bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom.


Virus HPV ini umumnya dapat hilang dengan sendirinya dan tidak menimbulkan masalah apapun. Namun meskipun begitu, gejala HPV dapat memungkinkan penderitanya mengalami komplikasi serius saat penyakitnya terus berkembang.

Maka dari itu Anda harus tahu kapan penyakit kelamin terdeteksi dan serba-serbinya supaya bisa melakukan penanganan sejak dini saat mengalami gejala infeksi kelamin.

Orang yang Beresiko Terinfeksi HPV

Jika selama ini Anda mengira bila yang paling beresiko terserang penyakit HPV adalah wanita, maka Anda salah besar! Karena ternyata pria dan wanita itu memiliki resiko yang sama bisa terserang infeksi HPV. Hal ini disampaikan oleh CDC yang terletak di Amerika Serikat. Keduanya sama-sama beresiko mengalami komplikasi akibat dari virus HPV.


Virus HPV sendiri merupakan faktor penyebab utama seseorang mengalami kanker serviks. Yaitu penyakit mematikan yang sering dialami oleh para wanita. Selain itu, komplikasi HPV juga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi kanker vulva dan vagina. Namun meskipun begitu, HPV juga bisa meningkatkan resiko komplikasi lainnya di bagian kulit kelamin.


Baik wanita dan pria, keduanya sama-sama beresiko terkena kanker tenggorokan, kanker mulut, dan kanker anus bila infeksi HPV yang dideritanya tidak segera diobati. Umumnya khusus untuk pria lebih rentan terserang kanker penis sebagai dampak dari komplikasi virus HPV ini. Selain itu, biasanya orang-orang yang sistem imunnya lemah lebih cenderung beresiko terkena infeksi HPV, terlepas dari jenis kelaminnya seperti apa.

See also  Beragam Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami


Maka dari itu jangan senang dulu bila Anda merasa sebagai pria tidak mungkin terkena komplikasi dari penyakit HPV. Pria pun juga bisa mengalami komplikasi lainnya saat mereka terdeteksi terkena infeksi HPV. Itulah sebabnya Anda harus tahu berapa lama penyakit kelamin terdeteksi sesudah melakukan hubungan intim dengan seseorang.

Advertisements

Berapa Lama Penyakit Kelamin Terdeteksi setelah Berhubungan Badan?

Banyak orang seringkali tidak menyadari sedang terserang infeksi HPV. Pasalnya penyakit HPV sering tidak memperlihatkan gejala apapun hingga pada akhirnya virusnya benar-benar ganas dan berkembang menyebar ke seluruh tubuh.


Berdasarkan dosen dari fakultas Kesehatan Masyarakat, yaitu Khalil Ghanem, MD, PhD dari Johns Hopkins University School of Medicine menyebutkan bahwa sebagian besar penyakit kelamin menular baru memperlihatkan gejalanya dalam waktu 3 sampai 10 hari setelah virusnya masuk ke dalam tubuh pertama kali.


Namun meskipun begitu, rentang waktu ini hanya sebagai panduan rata-rata untuk semua jenis infeksi menular seksual. Sedangkan rentang waktu kemunculan gejala penyakit HPV itu sendiri tidak selalu sama untuk setiap orang. Beberapa orang baru menyadari sedang mengalaminya setelah 3 bulan melakukan hubungan intim (sebagai infeksi awal).


Biasanya kutil kelamin merupakan gejala awal seseorang mengalami masalah infeksi HPV yang paling mudah dideteksi. Penyakit kelamin terdeteksi dari kutil ini bermula dari kemunculan luka kecil yang kemudian mulai membesar sehingga membentuk benjolan kecil pada kulit seseorang. Sementara pada wanita, biasanya kutil itu muncul di bagian vagina, vulva, leher rahim, dan kulit di sekitar anus.


Sedangkan pada pria, kutilnya akan terlihat pada buah zakar atau testis, kulit penis, dan anus. Tidak hanya itu saja, kutil ini juga bisa muncul pada kaki, tangan, dan wajah penderita pria dan wanita. Meskipun gejalanya tidak selalu muncul seperti ini. Jadi sebaiknya segera lakukan pengecekan saat mengalami gejala awal seperti ini supaya penyakit ini segera terdeteksi dengan baik dan cepat.

See also  Hanya Dengam Menyapa "Hai" Pada Teman Anda Ternyata Bisa Membuat Anda "Awet Muda" Nggak Percaya ?

Cara Mengobati HPV

Sebenarnya infeksi HPV yang masih dalam tahapan ringan akan hilang sendiri meskipun tanpa melakukan pengobatan khusus. Biasanya dokter akan meminta melakukan pemeriksaan lebih lanjut dalam waktu 6 bulan ke depan supaya infeksinya bisa terlihat dan sejauh manakah perkembangannya dalam tubuh penderitanya.


Bila dokter menganggap bahwa gejala HPV sudah cukup parah, biasanya pengobatannya menyesuaikan dari jenis virus HPV yang menyerang. Yang paling penting adalah lakukan pencegahan sejak dini supaya tidak terlanjur sakit. Anda bisa melakukan vaksinasi HPV untuk membuat tubuh Anda terlindung oleh infeksi HPV dan kanker serviks.

Selain itu, biasakan melakukan hubungan intim dengan aman supaya tidak tertular virus HPV.

Reviews

Related Articles