fbpx
Monday, June 27, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Bakuchiol Dalam Prodak Skincare, Apa Manfaatnya Untuk Kulit

Bakuchiol Dalam Prodak Skincare, Apa Manfaatnya Untuk Kulit
Bakuchiol Dalam Prodak Skincare, Apa Manfaatnya Untuk Kulit 2

cavanaskin.com – Bakuchiol mungkin sudah menjadi kandungan skincare yang sudah akrab di telinga Anda, penggemar sekaligus pengguna produk perawatan kulit. Bakuchiol disebut-sebut sebagai alternatif retinol yang tidak rentan membuat kulit kemerahan atau iritasi.

Advertisements

Apa itu bakuchiol serta apa fungsi dan bagaimana cara pakainya? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu bakuchiol?

Bakuchiol adalah suatu zat yang berasal dari ekstrak tanaman Psoralea Corylifolia dengan kandungan antioksidan alami yang utamanya terdapat pada daun dan bijinya. Bakuchiol sudah digunakan bertahun-tahun lamanya sebagai pengobatan kuno di Cina dan India untuk menyembuhkan kulit berkat kandungan antiradang dan antibakteri di dalamnya. Meski bukan senyawa turunan vitamin A, fungsi bakuchiol diklaim mirip dengan yang ditawarkan oleh retinol.

Apa manfaat bakuchiol untuk kulit?

Bakuchiol adalah suatu kandungan pada produk skincare yang dipercaya lebih mudah ditoleransi oleh kulit, bila dibandingkan dengan retinol. Anda bisa menemukan kandungan bakuchiol dalam serum hingga krim wajah.

Adapun berbagai manfaat bakuchiol adalah sebagai berikut.

Advertisements

Mengurangi tanda penuaan

Salah satu manfaat bakuchiol adalah mengurangi tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus di wajah.
Manfaat inilah yang diyakini mirip dengan yang ditawarkan oleh retinol. Studi yang dimuat dalam British Journal of Dermatology melakukan percobaan pada pengguna yang mengoleskan 0.5 persen krim retinol dan 0.5 persen krim bakuchiol.

Hasilnya, ditemukan bawah pengguna bakuchiol dan retinol sama-sama mengalami peningkatan pada kondisi kulitnya, yakni berkurangnya kerutan dan hiperpigmentasi, setelah penggunaan 12 minggu berturut-turut. Itu artinya, tidak ada perbedaan pada partisipan dalam mengurangi masalah kerutan dan hiperpigmentasi.

Baik retinol dan bakuchiol bekerja efektif dalam mengalami masalah kulit ini. Namun, pengguna retinol diketahui mengalami kulit memerah, mengelupas, kering, dan terasa perih. Sedangkan, para pengguna bakuchiol tidak menunjukkan iritasi, kulit terasa perih, atau kulit kering.

See also  Perawatan Kulit Wajah Pada Pria

Bakuchiol bekerja layaknya retinol untuk mengurangi tanda-tandapenuaan dengan cara meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Namun, tidak seperti retinol yang dapat meningkatkan sensitivitas pada kulit, bakuchiol justru mampu mengurangi sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari.

Mempercepat regenerasi sel kulit

Mempercepat regenerasi sel kulit juga jadi manfaat bakuchiol berikutnya. Bakuchiol bekerja dengan mengirimkan sinyal pada sel-sel kulit untuk meningkatkan produksi kolagen. Dengan demikian, regenerasi sel kulit yang lebih sehat bisa lebih cepat terjadi.

Advertisements

Meratakan warna kulit

Manfaat bakuchiol untuk kulit selanjutnya adalah meratakan warna kulit.Bakuchiol dapat menyerap ke dalam lapisan kulit lebih dalam untuk mengurangi noda hitam di wajah serta area kulit yang mengalami pigmentasi. Cara kerja inilah yang mampu meratakan warna kulit sehingga kulit Anda bisa tampak lebih cerah.

Menenangkan kulit

Bakuchiol juga mampu menenangkan kulit dengan cara mempercepat regenerasi sel dan menggantikannya dan sel kulit yang lebih sehat.

Mengobati jerawat

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine menyebutkan bahwa bakuchiol dapat mengobati jerawat. Bakuchiol disebut-sebut memiliki kandungan zat antijerawat dan antiradang sehingga mampu mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles