fbpx
Sunday, May 22, 2022

Apakah Sipilis Menular ? Penjelasannya Disini

Apakah Sipilis Menular ? Penjelasannya Disini
Apakah Sipilis Menular ? Penjelasannya Disini 2

Apakah Sipilis Menular – Sifilis, juga dikenal sebagai penyakit raja singa, adalah penyakit menular seksual. Seperti namanya, penyakit sipilis menular melalui kontak seksual. Namun, ternyata masalah kesehatan ini bisa menular ke orang lain dengan banyak cara juga lho!

Penyakit raja singa disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut Treponema pallidum. Saat bakteri masuk ke dalam tubuh, seseorang bisa langsung merasakan berbagai gejala, seperti demam dan munculnya luka di kulit. Nah, munculnya lesi ini merupakan tanda sifilis bisa menulari orang lain.

Apakah Sipilis Menular


Ketika seseorang bersentuhan atau bersentuhan langsung dengan luka orang lain yang menderita penyakit sipilis, bakteri tersebut sangat mudah menular dari orang sakit ke orang tersebut. Nah, penularan atau penularan bakteri bisa terjadi dengan cara-cara berikut ini.

Advertisements

Sipilis Menular Melalui kontak seksual


Kontak seksual adalah jalur utama dan paling sering terjadi pada sifilis. Penularannya bisa melalui oral, vaginal, bahkan anal. Jika seseorang yang memiliki luka sipilis pada organ intimnya melakukan hubungan seks tanpa menggunakan alat pengaman, maka bakteri tersebut sangat mudah menular ke pasangannya.

Beberapa hari setelah penularan, luka sifilis mulai muncul di anus, skrotum, vagina, penis bahkan di mulut. Sayangnya, orang yang menderita penyakit ini seringkali tidak menyadari adanya luka di alat kelaminnya. Kondisi ini menyebabkan penyebaran lebih lanjut, terutama jika Anda aktif secara seksual atau sering berganti pasangan.

Penggunaan jarum suntik yang tidak steril Dapat Menularkan Sipilis


Selain kontak seksual, jarum suntik yang tidak steril juga dapat menularkan penyakit sipilis. Artinya, orang yang menggunakan obat-obatan terlarang melalui suntikan pasti berisiko terkena penyakit ini, meskipun mereka tidak melakukan hubungan seksual dengan yang terkena.

See also  Daftar Makanan Yang Banyak Mengandung Kolagen Untuk Kesehatan Kulit

Proses transfusi darah juga merupakan kegiatan yang menggunakan jarum yang tidak steril. Meskipun demikian, kondisi ini jarang terjadi karena setiap pendonor menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darahnya.

Advertisements

Sipilis Menular dari ibu hamil ke janin


Jika seorang ibu hamil mengidap penyakit sipilis, risiko penularan ke janin sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa penyakit sipilis merupakan gangguan kesehatan yang sangat berbahaya bagi bayi, karena meningkatkan risiko pertumbuhan terhambat, kejang, dan lahir mati.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan. Untuk kenyamanan, gunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji terlebih dahulu di rumah sakit terdekat. Jadi pastikan Cavaners sudah mendownload aplikasi Halodoc di handphone Cavaners ya!

Kontak langsung dengan luka terbuka dapat menjadi Penularan Sipilis


Hati-hati dengan luka terbuka pada penderita sifilis, karena ini juga bisa menjadi jalur penularan ke orang lain. Sebenarnya penularan melalui cara ini cukup jarang terjadi, namun bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, apalagi jika Anda bekerja di rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya.

Bakteri penyebab penyakit sipilis dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh ketika luka yang terbuka di tubuh bersentuhan langsung dengan lesi sipilis. Perlu juga diingat bahwa penyakit sipilis tidak dapat menular melalui kontak biasa seperti makan bersama, berpegangan tangan atau berpelukan, bersin dan batuk. Sifilis juga tidak menular jika Anda menggunakan toilet atau benda yang sama dengan orang yang menggunakannya.

Itulah beberapa cara penularan penyakit sipilis selain melalui kontak seksual langsung. Jadi selalu hati-hati, ya! Jika Cavaners terkena sipilis segera lakukan pengobatan sipilis

Reviews

Related Articles