fbpx
Sunday, May 22, 2022

Apakah Sipilis Bisa Sembuh ? Mari simak Berikut Ini.

Apakah Sipilis Bisa Sembuh ? Mari simak Berikut Ini.
Apakah Sipilis Bisa Sembuh ? Mari simak Berikut Ini. 2

Sipilis merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh bakteri. Terdeteksi sejak dini, sifilis kini dapat disembuhkan secara efektif dengan antibiotik. Namun, jika tidak ditangani tepat waktu, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sifilis juga disebut lues atau chancre keras.

Hal Paling Penting Tentang Sifilis (Lues)


– Sifilis adalah penyakit menular seksual bakteri yang mudah menular yang mempengaruhi seluruh tubuh.
Ini berjalan dalam beberapa tahap dan gejala yang sangat berbeda muncul. Ada kalanya sifilis tidak mekar sama sekali. Karena itu, penyakit ini sering tidak terdeteksi.
– Jika tidak diobati, sifilis dapat memiliki konsekuensi serius, terkadang mengancam jiwa.
Penyakit ini mudah diobati dengan antibiotik.
– Kondom/femidom yang digunakan dalam hubungan seks vaginal dan anal mengurangi risiko penularan, tetapi tidak memberikan perlindungan yang lengkap.


Proses Penularan Sipilis


Sifilis menghasilkan keluhan dan penyakit yang sangat berbeda. Karena itu, sering diabaikan atau dikacaukan dengan penyakit lain.

Advertisements

Pada awalnya, borok kecil sering berkembang di tempat patogen masuk ke dalam tubuh, misalnya di penis, di vagina, di daerah anus atau di mulut. Ada juga pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala-gejala ini biasanya hilang dengan sendirinya.

Setelah sekitar dua bulan, gejala seperti demam, sakit kepala dan nyeri sendi dapat terjadi. Ruam dan plak sering terbentuk di lidah. tanda-tanda penyakit ini juga mereda dengan sendirinya. Sebagian besar waktu, sifilis tidak lagi mekar setelah itu.

Jika, bertahun-tahun kemudian, fase ketiga penyakit terjadi, borok muncul di seluruh tubuh. Organ dan sistem saraf juga dapat rusak – hingga ketulian, kebutaan, dan kemunduran mental. Berkat pilihan perawatan yang baik, ini hampir tidak pernah terjadi lagi.

See also  Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1, Penyebab Dan Cara Mendeteksinya

Apakah Sipilis Menular ?


Penyakit sipilis mudah menular. Patogen ditemukan di mana-mana di mana kulit atau selaput lendir berubah sebagai akibat dari penyakit dan mengeluarkan cairan, serta dalam darah.

Advertisements

Bagaimana Penyakit Sifilis Menular ?

Bakteri dapat menembus tubuh orang lain melalui luka terkecil di kulit atau selaput lendir (misalnya di mulut, di daerah anus, di penis atau di vagina). Ini biasanya terjadi dengan hubungan seks vaginal atau anal tanpa kondom. Namun penyakit sipilis juga bisa menular melalui seks oral. Sangat mudah untuk menularkan dari jarum suntik bersama saat mengonsumsi narkoba.

Wanita hamil dapat menularkan bakteri ke janin mereka.

Bahkan orang yang tidak merasakan gejala apapun dapat menulari orang lain.

Cara Mencegah Sifilis


Risiko sifilis tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan saat berhubungan seks, tetapi dapat dikurangi dengan menggunakan kondom. Anda harus menghindari kontak dengan kulit menangis pasangan Anda. Jika mainan seks digunakan, Anda harus menarik kondom baru di atasnya untuk masing-masing pasangan dan kemudian membersihkannya secara menyeluruh.

Sangat penting: Orang dengan sering berganti pasangan seksual harus diuji untuk sifilis setahun sekali sehingga penyakit ini dapat diobati dengan baik dan tidak menular.

Diagnosa Sifilis


Jika sifilis dicurigai, Segera Lakukan tes Darah. Jika Cavaners atau keluarga Cavaners terkena sipilis jangan lupa segera lakukan pengobatan sipilis

Reviews

Related Articles