fbpx
Saturday, May 21, 2022

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Total? Temukan Jawabannya Hanya Disini!

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Total? Temukan Jawabannya Hanya Disini!
Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh Total? Temukan Jawabannya Hanya Disini! 2

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Sembuh  : Berbicara penyakit kelamin, seharusnya bukan menjadi hal yang tabu apalagi menjijikkan. Karena masih banyak sekali masyarakat khususnya para remaja yang terlalu bersikap tidak peduli dengan kesehatan alat reproduksinya. Menurut penelitian, penyakit yang menyerang kelamin tidak mengenal batasan usia, jadi siapapun bisa terkena dampak dari penyakit ini.


Ada berbagai jenis penyakit pada kelamin, dimana setiap jenisnya tentu memiliki dampak, serta tingkat resiko yang berbeda-beda. Namun, penyakit ini masuk dalam kategori yang cukup berbahaya, dan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan pengidapnya. Penyakit seksual menular tentu sangat mudah menularkannya ke orang lain apalagi pasangan.

Penyakit Kelamin Pria dan Wanita

Di bawah ini adalah macam-macam penyakit kelamin yang bisa menyerang pria dan wanita sekaligus, antara lain:

Advertisements

Penyakit Gonorrhea

Jenis penyakit yang menyerang kelamin pertama ada Gonorrhea, seringkali disebabkan oleh bakteri bernama Neisseeia Gonorrhea. Mungkin asing mendengar istilah tersebut, tapi jika kencing nanah pasti tau kan? Karena nama lain dari Neisseeia Gonorrhea adalah kencing nanah. Infeksi baru terjadi, setelah seseorang melakukan hubungan seksual sekitar beberapa minggu.


Untuk gejalanya sangat khas sekali yakni keluar suatu cairan kental berwarna putih, kehijauan, atau kuning. Serta keluar dari ujung vagina dan penis, selain itu, ketika hendak buang air kecil terasa sakit dan perih. Jika penyakit kelamin tidak segera disembuhkan bisa berakibat kemandulan.

Penyakit Chlamydia

Jenis penyakit seksual menular yang kedua adalah Chlamydia. Seperti namanya, bakteri yang menyerang penyakit ini yakni Chlamydia Trachomatis. Menyerang pada wanita dan pria yang sangat aktif melakukan hubungan seksual dengan gonta-ganti pasangan tanpa pengaman (kondom). Seringkali yang menjadi korban adalah para remaja, dimana hormonnya sedang mengalami perkembangan.

See also  Diet Pernikahan, Cocok Buat Calon Pengantin Yang Inginkan Tubuh Ideal


Gejala yang dialami penderita penyakit Chlamydia yakni nyeri saat buang air kecil, keluar cairan dari ujung penis atau vagina, serta membuat wanita sulit mendapatkan momongan atau hamil. Karena gejala yang timbul tidak terlalu spesifik, jadi sulit di diagnosis sejak dini.

Advertisements

Penyakit Herpes Genitalis

Lanjut pada jenis penyakit kelamin yang ketiga ada Herpes Genitalis. Penyebab utama penyakit ini adalah Herpes Simpleks Viruses (HSP), gejala baru diketahui ketika telah melakukan hubungan seksual sekitar 3 hingga 10 hari.

Gejalanya seperti muncul lepuh yang berisi cairan dan lebih senang berkelompok. Diikuti ruam berwarna kemerahan, di area kelamin.


Untuk perempuan gejala yang dialami sulit diprediksi karena herpes biasanya tumbuh di dalam vagina. Sedangkan pada pria akan muncul gejala perih, gatal-gatal, penis terasa terbakar, serta tumbuh getah bening pada bagian selangkangan. Gejala ini akan hilang dalam jangka waktu 5-10 hari.

Infeksi Jamur pada Kelamin

Jenis penyakit yang menyerang kelamin selanjutnya ada infeksi jamur. Pada umumnya jenis jamur seringkali tumbuh pada area kelamin adalah Candida Albicans atau Candidiasis. Pada umumnya efek samping yang dirasakan oleh pengidap sama dengan jenis penyakit lainnya. Sebut saja gejala seperti gatal, apabali digaruk akan lecet dan semakin memudahkan terinfeksi.


Serta diikuti dengan kulit kelamin yang berwarna merah bagi pria yang tidak disunat. Sedangkan gejala yang dialami oleh wanita seperti keluarnya cairan kental layaknya seperti keju. Serta menimbulkan bau tidak sedap, pengobatan bisa dilakukan menggunakan obat anti jamur topikal (oles).

Penyakit Sifilis

Kalau jenis penyakit kelamin seperti sifilis mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga. Pasalnya banyak sekali artikel yang membuat pembahasan tentang penyakit yang satu ini. Nama lainnya adalah raja singa, sama halnya dengan yang lain, penyakit sifilis termasuk dalam kategori penyakit menular seksual. Bakteri yang menyerang adalah Treponema Palladium. Biasanya akan muncul setelah melakukan hubungan seksual.

See also  Waspada Penyakit Tetanus - Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kutil Kelamin

Penyebab utama dari kutil sendiri adalah HPV atau Human Papillomavirus, kadang muncul satu atau bahkan bergerombol ( berkelompok). Pada dasarnya, penyakit kutil yang dialami wanita tidak mudah terdeteksi karena kutil tumbuh di dalam vagina, sedangkan jika pada pria memiliki ukuran yang terlalu kecil.


Ciri-ciri yang bakalan timbul yakni berupa benjolan yang tumbuh di area kelamin, bisa berbentuk jengger ayam, atau bahkan kembang kol. Untuk wanita yang terkena kutil kelamin bisa melakukan pengobatan bernama Pap smear.

Apa Pengobatan yang Bisa Dilakukan?

Dalam hal ini banyak sekali jalan yang bisa ditempuh, sebagai langkah awal dalam pengobatan penyakit yang menyerang kelamin. Misalnya jika Anda tidak terlalu menyukai suasana rumah sakit, atau takut pada dokter. Anda bisa menggunakan cara pengobatan tradisional.

Reviews

Related Articles