fbpx
Sunday, May 22, 2022

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular? Seperti Ini Cara Penularannya!

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular? Seperti Ini Cara Penularannya!
Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular? Seperti Ini Cara Penularannya! 2

Apakah Penyakit Kelamin Bisa Menular? : Berhubungan intim tanpa menggunakan kondom itu bisa meningkatkan resiko tertularnya penyakit kelamin yang mengerikan dan kebobolan (kehamilan yang tidak diinginkan). Maka dari itu bila dari awal Anda belum siap memiliki anak dan ingin aman dari penyakit intim, sebaiknya selalu gunakan kondom saat berhubungan badan.


Tentu saja penularan penyakit seks semakin tinggi dan cepat bila Cavaners tidak mengenal dengan baik kondisi kesehatan pasangan intim. Maka dari itu jangan pernah jajan sembarangan! Terlebih kebanyakan penderita tidak mengalami gejala sama sekali ketika mengidap penyakit kelamin. Jadi penting untuk memahami jenisnya dulu supaya bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Macam-Macam Penyakit Kelamin yang Bisa Menular

Perlu diketahui bahwa beberapa penyakit seksual menular itu bisa diobati dengan cepat. Namun ada juga beberapa diantaranya butuh diagnosis dan perawatan yang berlanjut dalam waktu yang cukup lama. Di bawah ini adalah macam-macam penyakit seks yang dapat menular serta gejalanya, antara lain:

Advertisements
  1. Klamidia. Ini adalah salah satu penyakit seksual yang menular, berasal dari bakteri chlamydia trachomatis. Penyakit ini sangat sulit dideteksi karena jarang menimbulkan gejala di awal. Biasanya beberapa penderita yang mengalaminya akan mengalami sakit saat buang air kecil dan bawah perutnya juga sakit. Ada cairan ubnormal pada penis atau vagina.
  2. Gonore. Penyakit yang satu ini bisa menular dengan cepat lewat anus, mulut, mata, dan tenggorokan. Biasanya gejalanya langsung muncul 10 hari setelah seseorang terinfeksi. Gejalanya meliputi ada cairan keruh, kental, hingga berdarah dari vagina atau penis. Selain itu biasanya ada rasa nyeri ketika buang air kecil.
  3. Trikomoniasis. Penyakit yang satu ini berasal dari parasit tunggal bernama Trichomonas vaginalis. Seseorang bisa tertular penyakit ini bisa berhubungan badan dengan penderita tanpa kondom. Infeksi ini sebenarnya tidak fatal, namun bila tidak disembuhkan bisa menyebabkan komplikasi.
  4. Herpes genital. Penyakit yang satu ini bisa menular lewat luka kecil pada kulit atau bagian selaput lendir. Biasanya penderita tidak menyadari sedang terjangkit herpes karena tidak memperlihatkan gejala apapun. Namun gejala paling umum yang terlihat biasanya terdapat benjolan merah dan kecil, luka di genital dan anal.
  5. HPV atau Human papillomavirus ini merupakan penyakit seks yang bisa tertular lewat hubungan badan tanpa kondom. Umumnya gejala HPV ditandai dengan kemunculan daging kecil berwarna keabu-abuan dan kemerahan pada area genital. Selain itu ada beberapa kutil seperti kembang kol dan rasa gatal dibagian genital.
  6. HIV. Tentunya Anda sudah tidak asing dengan penyakit seks yang mematikan ini. Virus ini bisa menyerang sistem imun seseorang dan akan berkembang menjadi AIDS, bila tidak segera diobati. Biasanya seseorang baru menyadari sedang terkena HIV setelah mengidap bertahun-tahun. Gejalanya akan muncul dari 2 hingga 6 minggu terinfeksi, seperti muncul ruam, sakit kepala dan tenggorokan, lemah, pembengkakan pada kalenjar getah bening, dll.
See also  Beberapa Manfaat Serum Vitamin C Untuk Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Penularan Penyakit Kelamin Lewat Sex Toy

Tidak hanya bisa tertular dari hubungan intim tanpa kondom saja, namun penyakit seksual juga dapat menular lewat mainan seks. Itulah sebabnya Anda harus bijak menggunakan sex toys ini. Pasalnya yang menyebabkan tertularnya penyakit seks sebenarnya bukan dari mainannya, namun hal ini bisa terjadi karena Anda tidak menjaga kebersihan sex toys tersebut dengan baik atau bahkan menggunakan mainan ini secara bergiliran dengan orang lain.


Akibatnya cairan vagina atau penis yang terinfeksi oleh penyakit seks bisa saja menempel ke permukaan mainan tersebut sehingga menyebabkan penularan penyakit intim. Bahkan hal ini pernah diteliti sebelumnya dalam jurnal Sexually Transmitted Infections. Dimana dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa wanita yang berhubungan intim menggunakan vibrator lebih beresiko terkena penyakit kelamin.


Peningkatan resiko tertularnya penyakit seks semakin meningkat karena beberapa wanita sering berbagi mainan seks kepada orang lain. Maka dari itu jika Anda ingin menggunakan vibrator, sebaiknya cucilah mainan tersebut sampai bersih setiap kali habis dipakai. Bila perlu sterilkan dengan baik dan jangan pernah berbagi mainan seksual karena hal ini bisa beresiko tinggi tertular penyakit intim menular. (Obat Gonore)

Reviews

Related Articles