fbpx
Sunday, May 22, 2022

Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya? Begini Cara Mengobatinya!

Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya? Begini Cara Mengobatinya!
Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya? Begini Cara Mengobatinya! 3

Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya : Penyakit jengger ayam atau istilah lainnya kutil kelamin, jika ditanya berbahaya atau tidak. Tentu jawabannya berbahaya, mana ada sih penyakit yang tidak berbahaya?. Apalagi dibiarkan dan tidak segera ditangani. Jangan menganggap remeh penyakit, karena bisa berakibat fatal, bahkan bisa berujung pada kematian. Bagi anak muda tentu masa depan masih panjang.


Penyakit kutil kelamin bisa menyerang siapa saja, pria, wanita, remaja, dewasa, serta yang sudah lanjut usia. Maka dari itu, menjaga kesehatan sejak dini, dan mempelajari hal-hal yang masih dianggap tabu juga bisa menjadi modal utama agar terhindar dari penyakit kutil kelamin. Kutil kelamin biasanya tumbuh di area genital.

Ada yang menimbulkan gejala, ada juga yang tidak. Gejala utamanya akan muncul suatu benjolan dan terasa gatal, perih, serta terbakar ketika buang air kecil. Tentu hal tersebut membuat tidak nyaman, dan menghambat aktivitas sehari-hari. Hubungan dengan pasangan juga ikut terhalang, karena selama pengobatan untuk tidak melakukan hubungan seksual dulu.

Advertisements

Apa Itu Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam merupakan suatu penyakit infeksi menular seksual, pada umumnya penyebab utama dari penyakit kutil kelamin sex bebas yang tidak memakai kondom. Ada juga yang tertular karena melakukan hubungan seksual bersama orang yang mempunyai latarbelakang kutil kelamin. Selama belum menikah lebih baik, jangan melakukan hubungan intim tersebut.


Penyakit kutil kelamin bisa terjadi pada pria dan wanita, secara medis disebut condylomata acuminata. Pada umumnya penyakit ini bersifat jinak, dan tidak menimbulkan kanker, namun ada juga beberapa jenis yang bisa mengakibatkan kanker, tergantung keadaan tertentu. Meksipun begitu tetap wasapda, jaga kesehatan.

Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya? Begini Cara Mengobatinya!
Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya? Begini Cara Mengobatinya! 4


Penyakit Kutil Kelamin Pada Wanita


Siapun bisa mengalami kutil kelamin. Jika pada wanita seringkali kutil kelamin berkembang di sekitar area vagina, dubur, zulva, selangkangkan, paha atas, dan serviks. Karena pada hakikatnya penyebab penyakit kutil kelamin ini banyak, salah satunya melalui seks oral. Maka dari itu, kutil juga bisa tumbuh di area tenggorokan, bibir, dan mulut.

See also  Apa Itu Abruptio Plasenta , Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan


Selain itu, kutil kelamin seringkali berwarna sama dengan kulit yakni sedikit lebih gelap.Benjolan yang tumbuh, bisa kasar dan halus, terkadang berkembang sangat kecil sehingga sulit untuk dijangkau. Pada umumnya, wanita yang mengidap kutil kelamin tidak menunjukan gejala apapun jadi sulit diprediksi.

Advertisements

Penanganan Penyakit Kutil Kelamin

Salah satu penanganan yang ampuh yakni melaui perawatan, bisa perawatan topikal maupun terapi bedah laser, pembekuan pada kutil. Perlu diketahui juga, bahwa menghilangkan kutil kelamin tidak serta merta menghilangan infeksi HPV. Bisa saja penyakitnya muncul kembali, dan menularkan virusnya. Oleh karena itu, jika sudah melakukan perawatan, tetap membersihkan daerah genital.


Ada yang mengatakan perubahan pola makan yang diatur mampu mengurangi pertumbuhan kutil kelamin. Bisa mengkonsumsi sayuran hijau seperti kubis, kembang kol, dan brokoli. Kandungan sayuran hijau yang berupa molekul dapat menjaga metabolisme tubuh tetap terjaga. Mulai hari ini makan sayuran hijau.

Penyebab Utama Anak Terkena Kutil Kelamin

Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa penyakit jengger ayam bisa menyerapang siapa saja termasuk anak-anak. Bagaimana bisa terjadi? Salah satu penyebabnya yakni ditularkan oleh sang ibu ketika proses melahirkan. Tenang saja, penularan infeksi HPV antara sang ibu dengan anak jarang terjadi. Hal tersebut dikarenakan bayi mempunyai kekebalan tubuh yang bagus.


Sehingga mampu membasmi segaja jenis infeksi virus, meksipun demikian resiko anak-anak dan bayi tetap bisa terjadi. Melalui proses persalinan vagina, para dokter seringkali akan melakukan tindakan tes pada bayi yang baru saja lahir. Untuk memastikan terkena virus HPV ataukah tidak.

Inilah Gejala Infeksi HPV Pada Bayi

Gejala jengger ayam timbul pada anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda. Maka dari itu, sang ibu harus benar-benar menjaga kesehatan anak agar jangan sampai terkena penyakit yang membahayakan. Ciri atau gejala utama HPV pada si anak, juga disertai dengan tumbuhnya kutil pada area tubuh. Bisa tumbuh dimanapun, kelamin ataupun selangkangan.

See also  Wow Ternyata Ini Cara Memutihkan Wajah bagi Pria, Praktis dan Irit Biaya??


Gejala lainnya, mempunyai benjolan layaknya lesi, biasanya berupa kembang kol dan juga daging yang menonjol di area kelamin dan selangkangan. Pada anak perempuan akan tumbuh pada area vulva vagina, sedangkan pada anak laki-laki tumbuh di penis, anus, dan buah zakar.

Pengobatan Kutil Kelamin

Nah untuk pengobatan, bisa pergi ke dokter dan menanyakan perihal penyakit kutil kelamin. Akan tetapi, ada juga yang merasa malu ketika konsultasi dengan dokter, karena penyakit ini memang tumbuh di area yang privasi. (Obat Kutil Kelamin, Obat Jenge Ayam)

Reviews

Related Articles