fbpx
Sunday, May 22, 2022

Apa Yang Terjadi jika Gonore Tidak Disembuhkan? Lihat Resikonya Disini!

Apa Yang Terjadi jika Gonore Tidak Disembuhkan? Lihat Resikonya Disini!
Apa Yang Terjadi jika Gonore Tidak Disembuhkan? Lihat Resikonya Disini! 3

Apa Yang Terjadi jika Gonore Tidak Disembuhkan – Bahaya gonore pada pasien sangat besar jika tidak disembuhkan sejak awal kemunculan gejala. Gonore adalah salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Karakteristik penyakit karena bakteri adalah masa inkubasinya relatif lama. Gejala penyakit tidak langsung nampak seketika terjadi penularan tetapi memerlukan waktu hingga 10-14 hari bahkan sampai berbulan-bulan.


Selama masa inkubasi ini bakteri di dalam tubuh pasien dapat menular kepada orang lain melalui hubungan seksual secara langsung tanpa menggunakan pengaman. Sehingga tidak disadari bahwa seseorang merupakan karier yang menularkan penyakit kepada pasangannya. Ketika muncul gejala hanya diketahui oleh pasien bersangkutan karena keluhan dirasakan pada area pribadi yang tertutup.


Dari luar pasien atau karier tampak sehat tanpa gejala apapun namum potensi menularkan penyakit kepada orang lain sangat besar. Apalagi gejala yang muncul sering tidak disadari oleh pasien sendiri. Ketidaktahuan ini beresiko penyakit gonore luput dari pengobatan. Sehingga baru diketahui ketika terjadi gejala lebih berat dan sudah mengakibatkan kerusakan organ.

Advertisements

Bahaya Gonore yang Tidak Disembuhkan

Penyakit gonore yang tidak mendapat pengobatan sampai sembuh total akan kembali kambuh. Sebab bakteri di dalam tubuh penderita masih aktif dan melakukan perkembangbiakan. Dalam jangka waktu tertentu bakteri ini akan kembali menyebabkan infeksi. Inilah pentingnya pemeriksaan berkala bagi penderita penyakit kelamin. Tidak hanya menyembuhkan gejala tetapi menghilangkan bakteri secara permanen.


Penyakit kelamin pada umumnya menyebabkan komplikasi serius bagi kesehatan. Seperti halnya gonore yang tidak mendapat pengobatan secara tuntas. Dalam jangka panjang menyebabkan kerugian yang sulit dipulihkan. Organ yang paling terdampak terhadap bahaya gonore adalah sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Sebab bakteri hidup dalam saluran reproduksi yang merupakan lingkungan ideal.


Penyumbatan saluran sperma dan rahim terjadi karena aktifitas perkembangbiakan bakteri yang membentuk koloni secara aktif dan terus-menerus. Sehingga menyebabkan hambatan ketika proses pembuahan. Pada pria menyebabkan sperma tidak subur. Pada wanita kondisi penyumbatan rahim ini mengakibatkan kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan wanita.

See also  Olahraga Untuk Payudara Kencang Alami


Gonore pada wanita hamil yang luput dari pengobatan menyebabkan keguguran. Skrinning gonore pada trimester awal perlu dilakukan untuk menghindari paparan bakteri penyebab gonore pada janin dengan pengobatan antibiotik yang aman bagi ibu hamil. Jika pada masa ini tidak sembuh tuntas maka bayi lahir dapat tertular secara langsung pada proses kelahiran.

Advertisements
Apa Yang Terjadi jika Gonore Tidak Disembuhkan? Lihat Resikonya Disini!
Apa Yang Terjadi jika Gonore Tidak Disembuhkan? Lihat Resikonya Disini! 4

Pengobatan untuk Menghindari Bahaya Gonore Jangka Panjang

Bahaya gonore bagi kesehatan jangka panjang dapat diminimalisir dengan langkah pengobatan yang tepat sejak dini. Ada banyak metode pengobatan yang bisa dipilih pasien sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Metode medis sangat disarankan untuk penyembuhan secara menyeluruh. Saat ini sudah tersedia fasilitas yang memudahkan dan terjangkau bagi pasien kalangan menengah kebawah.

Pencegahan Penularan Gonore

Mengetahui bahaya gonore dalam jangka panjang bagi kesehatan semestinya menumbuhkan kesadaran untuk mencegah penularannya. Membatasi diri dari hal-hal negatif yang berpotensi menularkan bakteri penyebab penyakit. Langkah nyata yang bisa diterapkan adalah memilih teman bergaul yang positif. Tidak melakukan hubungan seks dengan siapapun sebelum menikah apalagi tanpa menggunakan pengaman seperti kondom.


Tidak berganti-ganti pasangan seksual dan menghindari perilaku seks menyimpang seperti homoseksual, heteroseksual dan sebagainya. Sebab dengan kasat mata kita tidak apakah pasangan seksual merupakan karier, pasien penyakit kelamin atau sehat sepenuhnya. Akan lebih baik jika menjaga diri sendiri untuk tidak berhubungan seks tidak aman. Tidak menggunakan seks toys secara bergantian.


Bagi wanita khususnya penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri penyebab penyakit kelamin. Apalagi jika dalam 2 bulan terakhir memiliki riwayat hubungan seksual, maka mintalah pasangan juga ikut melakukan pemeriksaan untuk deteksi dini penyakit kelamin. Dengan langkah seperti ini dapat mencegah ancaman bahaya gonore.

Apa Saja Program Pemerintah untuk Mengatasi Penyakit Gonore?

Mengatasi dampak kencing nanah pada masyarakat juga merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi pemerintah. Gaya hidup anak muda jaman sekarang menjadi perhatian khusus. Sebab sangat dekat dengan berbagai penyimpangan norma yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Padahal anak muda merupakan generasi harapan bangsa yang harusnya lebih produktif dan berprestasi.

See also  Jangan Sampai Salah, Ini Dia Cara Memilih BB Cream Untuk Kulit Berminyak


Masyarakat tidak bisa hanya mengCavanerslkan peran pemerintah dalam mengatasi penyakit gonore dan penyebarannya. Orang tua khususnya dan masyarakat sekitarnya harus turut berpartisipasi sebagai kontrol sosial. Penyakit kelamin dan penularannya bukan hanya permasalahan kesehatan tetapi juga sosial. Pergaulan bebas berpotensi menularkan penyakit seksual secara luas baik kalangan remaja sampai orang tua.


Maraknya praktek prostitusi baik online maupun offline masih menjadi permasalahan sosial yang sampai saat ini tidak bisa dihilangkan dari masyarakat. Padahal pekerja seks komersial dan waria adalah orang-orang yang beresiko tinggi menularkan penyakit seksual. Perilaku menyimpang remaja juga menjadi pemicu meluasnya penyebaran penyakit seksual. Maka sangat diperlukan edukasi sejak dini.

Pemberian Edukasi Seksual di Tingkat Sekolah

Mengatasi dampak kencing nanah usia remaja telah dilakukan melalui kerjasama antara dinas sosial, dinas kesehatan dan pihak sekolah. Petugas bimbingan konseling masing-masing sekolah terutama negeri, umumnya memberikan edukasi seksual bagi anak didiknya sejak dini. Sesuai dengan tingkat usia sekolah anak, menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan diterapkan dalam aktifitas sehari-hari.


Edukasi seksual di lingkungan sekolah selain untuk membatasi pergaulan siswa juga menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri. Terutama remaja putri yang rentan mengalami pelecehan seksual. Dengan memahami kodrat masing-masing orang dalam hal seksual setiap anak remaja akan dapat menjaga diri dengan berpakaian pantas dan sopan sehingga tidak mengundang syahwat.


Begitu juga bagi remaja pria, lebih peduli terhadap keamanan dan kesehatan diri sendiri dengan membatasi pergaulan yang tidak bermanfaat. Lebih mengalihkan waktu luang untuk kegiatan produktif, dan menghargai teman lawan jenis. Langkah seperti ini akan mengurangi tingkat penyimpangan remaja yang menyebabkan trauma psikologis, hamil diluar rencana dan penularan penyakit kelamin.

See also  Penyakit Migrain Perut (Abdominal Migrain) , Gejala, Penyebab Dan Penangananya

Pelayanan Kesehatan untuk Mengatasi Dampak Kencing Nanah

Upaya dalam mengatasi dampak kencing nanah tampak pada penyediaan fasilitas kesehatan yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat. Bahkan untuk kalangan menengah ke bawah. Saat ini Puskesmas dapat melayani pengobatan kencing nanah dengan biaya terjangkau. Bahkan bisa gratis dengan kondisi tertentu. Jadi masyarakat tidak perlu lagi banyak pertimbangan menunda pengobatan.

Advertisements


Puskesmas bisa dijangkau dengan mudah dan murah karena tersedia di setiap daerah tingkat kelurahan. Pasien dengan gejala kencing nanah tidak perlu jauh-jauh mencari lokasi rumah sakit atau praktek dokter spesialis untuk penyembuhan gejala dan pengobatan secara tuntas. Menghemat dari segi biaya transportasi, dengan efektifitas pengobatan yang tidak berbeda dari dokter.


Untuk pasien dengan gejala lebih berat atau kondisi khusus yang mengharuskan berobat ke rumah sakit sudah disediakan fasilitas BPJS. Pasien bisa menggunakan fasilitas ini dengan biaya terjangkau yang dibayarkan setiap bulan. Pasien akan ditangani oleh dokter umum yang memiliki kompetensi menangani kencing nanah dengan biaya pengobatan berbeda dari pasien reguler.


Wacana ATM kondom juga merupakan salah satu upaya mengatasi dampak kencing nanah terutama di lokalisasi prostitusi. Meskipun masih terjadi kontroversi namun ini merupakan salah satu solusi mencegah semakin meluasnya penularan penyakit kelamin di masyarakat. Disamping itu pemerintah melakukan sosialisasi menyeluruh mengenai penyakit kelamin berhubungan dengan penularan, bahaya, pengobatan dan pencegahannya.

Sosialisasi Cara Pengobatan Gonore

Masyarakat perlu mendapatkan pengetahuan mengenai cara pengobatan yang paling mudah sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Sehingga ketika terjadi dampak kencing nanah pada diri atau keluarga bisa langsung memutuskan langkah pengobatan yang tepat. Informasi berbagai cara atau metode pengobatan kencing nanah bisa juga didapatkan melalui media internet. Mudah bisa diakses kapan saja. (obat gonore)

Reviews

Related Articles