fbpx
Monday, June 27, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Apa yang Dimaksud Kutil Kelamin? Inilah Cara Penularan dan Pengobatannya!

Apa yang Dimaksud Kutil Kelamin? Inilah Cara Penularan dan Pengobatannya!
Apa yang Dimaksud Kutil Kelamin? Inilah Cara Penularan dan Pengobatannya! 3

Apakah yang dimaksud dengan kutil kelamin dan apa hubungannya dengan pantangan gonore? Masyarakat awam mungkin belum terlalu paham mengenai penyakit kelamin menular. Orang yang biasa hidup dalam kebersihan dan rutin menjaga kesehatan umumnya tidak terlalu mempedulikan masalah kesehatan area genital. Bisa jadi bagi mereka gaya hidup masih aman terhadap penyakit.

Advertisements


Memang ada benarnya ketika aktif menjaga kesehatan dan pola hidup yang benar bisa meminimalisir penularna penyakit kelamin. Tetapi pengetahuan mengenai karakteristik penyakit kelamin bisa dijadikan bekal untuk mngedukasi anak-anak dan ornag di sekitarnya yang kesehariannya dekat dengan pergaulan bebas. Minimal membekali diri supaya tidak melakukan hubungan seks secara tidak aman.

Apa Itu Kutil Kelamin?

Mengetahui pantangan gonore dan hubungannya dengan kutil kelamin bisa menjadi bekal untuk membatasi diri dari aktifitas yang rentan terhadap penularan. Bukan hanya sejedar mengobati dan meringankan keluhan atas gejala penyakit saja tetapi juga menekan kemungkinan penyakit kambuh lagi. Sebab penyakit kelamin pada umumnya menyebabkan komplikasi serius terhadap kesehatan jangka panjang.

Perlu dipahami bahwa kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus sama seperti infeksi HIV AIDS. Virus penyebab kutil kelamin dinamakan human papillomavirus atau HPV. Virus sangat mudah menular melalui sentuhan. Apabila tangan pasien menyentuh area terinfeksi virus kemudian menyentuh area lain maka virus akan menyebar.


Gejala yang muncul pada penderita kutil kelamin adalah munculnya benjolan kecil atau kutil pada area genital baik pria maupun wanita. Pada pria kutil muncul di area ujung atau batang penis, selangkangan, area paha atas, anus, saluran urin dan skrotum. Pada wanita kutil muncul pada vulva, pangkal paha, selangkangan, dinding vagina.

Advertisements


Jika tidak ditangani dengan segera didukung dengan penerapan pantangan gonore, penyakit kutilkelamin dapat menyebabkan kompliksi kesehatan serius terutama pada wanita. Ancaman kesehatan berupa kanker serviks, kanker mulut dan tenggorokan dan gangguan kehamilan. Pada ibu hamil penyakit kutil kelamin berpotensi menular pada bayi yang ditandai infeksi kutil di tenggorokan setelah kelahiran.

Apa yang Dimaksud Kutil Kelamin? Inilah Cara Penularan dan Pengobatannya!
Apa yang Dimaksud Kutil Kelamin? Inilah Cara Penularan dan Pengobatannya! 4

Cara Penularan Kutil Kelamin

Kutil kelamin menular melalui hubungan seksual langsung yang tidak aman. Layaknya penularan penyakit kelamin lainnya. Hubungan seksual yang dilakukan secara vaginal, anal maupun oral berpotensi menularkan virus penyebab kutil kelamin.

Apalagi jika dilakukan tanpa menggunakan pengaman seperti kondom. Virus secara aktif bergerak ke bagian tubuh yang digunakan untuk kontak seksual.
Hubungan sesama jenis pria atau homoseksual dilakukan secara anal. Penetrasi dari pria positif kutil kelamin akan menyebabkan virus pada kutil di bagian penisnya berpindak ke dalam anus pasangan seksual. Pasangan seksual dari pria positif kutil kelamin ini akan mengalami infeksi akibat virus terutama di bagian anus dalam jangka waktu tertentu.

See also  Cara Cerdas Mengelola Resiko Yang Perlu Kalian Ketahui


Sebaliknya penularan juga terjadi dari pasangan yang terdapat kutil di bagian anus. Pasangan homoseks yang melakukan penetrasi akan tertular virus dari anus pasangannya. Inilah mengapa sangat dianjurkan menggunakan kondom sebagai pengaman ketika berhubungan seksual sekalipun seks menyimpang. Hal ini merupakan anjuran pantangan gonore dalam menghindari penularan penyakit kelamin secara luas.


Penularan tidak disadari oleh pasangan seksual orang yang positif kutil kelamin sebab umumnya kutil berukuran kecil dan berada di area pribadi. Terutama wanita, dimana kutil tumbuh di bagian dalam bibir vagina. Bisa jadi pasien bersangkutan mengabaikan beberapa keluhan di area intim. Ketika terjadi hubungan seksual maka pasangannya secara langsung tertular.

Advertisements

Hubungan Pengobatan Kutil Kelamin dan Pantangan Gonore

Pengobatan kutil kelamin berhubungan dengan pantangan gonore. Dalam hal membantu meningkatkan efektifitas obat yang diberikan, pantangan dalam penyakit kelamin perlu dilakukan. Sebab pengobatan penyakit kelamin lebih seperti terapi yang tidak bisa sekali langsung sembuh. Melainkan memerlukan tahapan sampai penyebab penyakit hilang sepenuhnya dari tubuh pasien baru dikatakan sembuh secara total.

Mengapa Kutil Kelamin Terasa Gatal? Ini Penyebabnya!


Manfaat menerapkan pantangan gonore bagi penderita penyakit kelamin adalah mengurangi keluhan pada gejala yang muncul. Misalnya penderita penyakit kutil kelamin dengan tumbuhnya kutil di area bibir vagina (wanita) akan lebih aman jika menghindari berhubungan seksual sampai kutil benar-benar sembuh. Sehingga tidak menyebabkan luka, gatal atau nyeri pada bagian pribadi tersebut.


Kutil kelamin terasa gatal karena adanya aktivitas virus di dalamnya. Infeksi yang dilakukan virus menyebabkan sel-sel pada area genital terganggu dan timbul rasa gatal. Keadaan akan menjadi parah jika pasien tidak menjaga kebersihan area genital. Sebab pathogen, bakteri dan jamur akan mudah tumbuh pada area kotor, lembab dan gelap tersebut.

Keluhan pada Gejala Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin ditandai dengan adanya pembengkakan di daerah kemaluan. Gejala seperti ini akan terus dirasakan oleh penderita jika tidak menerapkan pantangan gonore untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area tersebut. Pembengkakan ini menyebabkan rasa tidak nyaman terutama pada pria yang sering menggunakan pakaian dalam atau celana ketat dalam aktifitas sehari-hari.


Ciri lain dari gejala kutil kelamin adalah munculnya beberapa kutil berdekatan pada area intim yang menyerupai kembang kol. Karena berdekatan tak jarang muncul gesekan yang menyebabkan nyeri. Apalagi jika menggunakan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Keluhan yang dirasakan bertambah parah disertai rasa gatal dan lembab terutama untuk penderita wanita.

Advertisements


Gejala lainnya adalah terjadinya perdarahan ketika berhubungan seksual. Gesekan antara alat kelamin pasangan dengan kutil pasien menyebabkan penekanan yang mengakibatkan kutil luka. Kondisi ini juga disertai rasa tidak nyaman atau nyeri dan gatal. Maka bagi penderita kutil kelamin sebaiknya tetap menerapkan pantangan gonore untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum sembuh.

See also  Serem!! Ini 8 Bahaya Minum Kopi bagi Tubuh, Mari Kita Simak!!


Meredakan Gatal pada Gejala Kutil Kelamin dengan Menghindari Pantangan Gonore
Apakah pantangan gonore yang diaplikasikan pada penyakit kutil kelamin dapat meredakan keluhan? Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk meredakan gejala berupa gatal di area munculnya kutil kelamin. Yang paling utama tentu dengan pengobatan menggunakan obat yang mengandung asam trikloroasetat. Biasanya obat ini diberikan oleh dokter pada saat melakukan pengobatan.

Perawatan Kesehatan jika Terkena Kutil Kelamin

Kutil kelamin menyerang di area intim. Bagi wanita sangat penting melakukan perawatan secara rutin pada area ini untuk membantu mengurangi gatal ataupun nyeri akibat tumbuhnya kutil kelamin. Wanita rentan mengalami keputihan dan gangguan area kewanitaan karena pemakaian sabun kewanitaan yang tidak sesuai dengan keseimbangan pH sehingga menyebabkan area vagina gatal.

Advertisements


Hindari penggunaan sabun kewanitaan yang mengandung parfume, pilih yang ber-pH seimbang. Sehingga menghindari munculnya jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan gatal dan memperparah keluhan pada gejala kutil kelamin. Sebab kutil kelamin umumnya juga tumbuh di area vagina baik diluar maupun bibir bagian dalam, paha bagian atas atau pangkal serta selangkangan.


Rutin mengganti pembalut maksimal 2 jam sekali ketika sedang mengalami menstruasi. Darah menstruasi yang keluar bukan darah bersih, sangat rentan terpapar bakteri dan bahkan menyebabkan lembab di area vagina. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama akan dapat memperparah nyeri dan gatal pada kutil kelamin yang tumbuh di area kewanitaan.


Gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan hindari menggunakan celana ketat seperti jeans atau celana berbahan karet. Mengalami gejala kutil kelamin menyebabkan rasa tidak nyaman pada area kewanitaan. Ditambah dengan pakaian yang menghambat sirkulasi udara akan memperparah gejala tersebut. Bisa saja terjadi gesekan antara pakaian dengan kutil sehingga bertambah nyeri.

Berapa Lama Kutil Kelamin Tumbuh? Proses Penularannya Seperti Ini!

Pantangan gonore harus dipatuhi untuk mencegah penularan kembali faktor penyebab penyakit kelamin. Dalam proses pengobatan penyakit kelamin baik yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan lainnya dibutuhkan komitmen dari pasien bersangkutan untuk menghentikan kebiasaan pergaulan tidak sehat. Masyarakat secara luas sebetulnya masih menganggap penyakit kelamin adalah aib dan melanggar norma.


Pada kenyataannya praktek prostitusi masih marak dan seakan sulit dihilangkan. Padahal prostitusi adalah penyakit masyarakat yang menyebabkan berbagai masalah sosial dan kesehatan. Pekerja seks komersial berpotensi tinggi menularkan penyakit kelamin. Baik yang diketahui secara langsung maupun baru disadari setelah beberapa waktu. Karena masing-masing penyakit kelamin membutuhkan waktu untuk muncul gejala.

See also  Apa Itu Aneurisma Otak, Penyebab, Gejala Dan Pengobatan

Penularan Kutil Kelamin

Penularan kutil kelamin sama seperti penyakit kelamin lainnya yaitu melalui hubungan seksual secara langsung dengan penderita penyakit. Orang sehat yang berhubungan seksual dengan pasangan pengidap penyakit akan langsungg tertular virus. Meskipun tidak langsung diketahui pada saat terjadi kontak fisik. Gejala akan muncul setelah beberapa waktu dari terjadinya hubungan seksual tersebut.


Kutil tumbuh pada area genital. Pada laki-laki kutil kelamin tumbuh pada ujung atau batang penis. Ketika terjadi penetrasi hubungan seksual antara laki-laki pasien dan wanita, maka virus akan langsung masuk ke dalam vagina. Dalam lingkungan yang ideal tersebut virus berkembangbiak secara aktif dan menginfeksi dengan terlebih dahulu memasuki tahap inkubasi.

Advertisements

penularan tidak hanya terjadi pada aktifitas seksual lawan jenis. Bisa juga virus HPV ditularkan melalui hubungan seksual sesama jenis atau homoseksual. Penetrasi biasanya dilakukan melalui anus, sehingga bakteri akan tinggal di area tersebut kemudian menyebar mengikuti aliran darah dan berkembangbiak secara aktif dengan membentuk koloni untuk sama-sama menginfeksi tubuh pasien.


Virus tidak dapat bertahan hidup di lingkungan luar karena udara dan suhu dapat merusaknya. Jadi penyakit kutil kelamin tidak bis amenular melalui media luar. Pemakaian handuk secara bersamaan, bergantian dalam penggunaan alat makan atau dudukan toilet. Jadi tidak perlu khawatir dan menjauhi pasien pengidap penyakit kutil kelamin karena takut tertular.

Gejala Kutil Kelamin

Kutil kelamin menunjukkan gejala berbeda dengan penyakit lainnya. Keunikan penyakit ini adalah munculnya pembengkakan dalam ukuran keci pada area genital. Bengkak ini mungkin tidak disadari jika tidak disertai munculnya gejala lain. Kemudian akan muncul kutil atau benjolan kecil seperti bunga kol, bentuknya sangat khas dan hanya terdapat pada kutil kelamin.


Pantangan gonore yang mampu menghalangi tingkat keparahan penyakit kelamin perlu diterapkan, jika tidak akan mendorong penyakit masuk tahap selanjutnya. Gejala lanjut kutil kelamin adalah terjadinya perdarahan pada saat berhubungan seksual. Sentuhan atau gesekan pada area genital rentan membuat kutil yang tumbuh pada area intim dan sekitarnya menjadi luka dan berdarah.


Pantangan gonore berhubungan juga dengan kemunculan gejala penyakit lain. Bisa saja seorang pasien yang sudah sembuh terjangkit kembali penyakit kelamin menular dengan jenis penyakit berbeda. Sebab pasangan seksualnya memiliki faktor penyakit di dalam tubuhnya. Jika mendapati tubuh mengalami gangguan kesehatan terutama dirasakan pada area genital segeralah memeriksakan diri melalui medis.

Advertisements
Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles