fbpx
Monday, June 27, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

Apa itu Sipilis: Pengertian, Penyebab dan Pengobatan

Apa itu Sipilis: Pengertian, Penyebab dan Pengobatan
Apa itu Sipilis: Pengertian, Penyebab dan Pengobatan 2

Apa itu penyakit sipilis mungkin menjadi hal pertama yang ingin diketahui oleh mereka yang baru pertama kali mendengar nama penyakit ini. Sifilis merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Sebagai penyakit menular seksual, penyakit ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. 

Advertisements

Penyakit yang sering dikenal dengan nama raja singa ini disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut menginfeksi tubuh penderitanya dan dapat masuk ke dalam tubuh untuk menginfeksi organ yang lain. Gejala penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya luka yang tidak terasa sakit di alat vital atau dubur. Oleh karena itu penyakit ini kadang tidak disadari oleh penderitanya. Walaupun demikian, infeksi tersebut sudah dapat menular ke orang lain.

Gejala atau ciri ciri terkena sipilis dapat dikelompokkan berdasarkan tahap perkembangan penyakit itu sendiri. Setiap tahap tersebut memiliki gejala yang berbeda yaitu sebagai berikut

Sifilis Primer

Penyakit ini ditandai dengan adanya luka di tempat bakteri masuk

Sifilis Sekunder

Jenis sifilis sekunder ditandai dengan adanya ruam di tubuh

Advertisements

Sifilis Laten

Penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada penderitanya tetapi bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh penderitanya

Sifilis Tersier

Ini adalah tahap yang paling parah. Karena menyebabkan kerusakan organ lain seperti saraf, otak, dan jantung.

Penyebab Sifilis

Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai apa itu penyakit sipilis, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi tersebut menyebar lewat hubungan seksual dengan seseorang yang mengalami sifilis. Selain itu, bakteri tersebut juga dapat menyebar melalui kontak fisik dengan luka pada penderitanya. Dengan cara penularannya, penyakit ini rentan menular pada orang yang berganti pasangan seksual.

See also  Penyakit Migrain Perut (Abdominal Migrain) , Gejala, Penyebab Dan Penangananya

Diagnosis sifilis

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit sifilis, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pengambilan cairan luka dan tes darah. Tes darah ini dilakukan untuk mengetahui antibodi yang dapat melawan infeksi sedangkan pemeriksaan cairan luka untuk mengetahui keberadaan bakteri penyebab sipilis

Komplikasi Sipilis

Komplikasi sipilis akan muncul jika penyakit ini sudah memasuki tahap tersier. Komplikasi yang 

Advertisements

Pengobatan Sifilis

Ketika seseorang mengalami ciri-ciri terkena sipilis dan didiagnosis positif menderita sifilis oleh dokter, dokter biasanya akan melakukan pengobatan dengan antibiotik penisilin. Selama proses pengobatan, penderita tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual sampai dokter menyatakan infeksi pasien sembuh

Selain dengan penanganan dokter, pengobatan sipilis juga dapat dilakukan dengan cara tradisional dengan bahan-bahan herbal. Kombinasi ramuan herbal yang tepat dapat membantu menyembuhkan sipilis secara alami dan tidak menimbulkan efek samping karena bahan-bahan yang digunakan murni dari alam.

Cara Mencegah Sifilis

Setelah mengetahui apa itu penyakit sipilis, siapapun wajib untuk berusaha mencegah penyakit ini. Penularan penyakit sipilis dapat dihindari dengan menerapkan perilaku seks aman dan setia hanya pada satu pasangan seksual serta menggunakan kondom. Orang-orang dengan faktor resiko tinggi penyakit ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles