fbpx
Friday, May 20, 2022

Apa Gejala Penyakit Sifilis/Raja singa? Temukan Disini Jawabanya

Apa Gejala Penyakit Sifilis/Raja singa? Temukan Disini Jawabanya
Apa Gejala Penyakit Sifilis/Raja singa? Temukan Disini Jawabanya 2

Gejala Penyakit Sifilis : Banyak sekali penyakit kelamin yang saat ini menyerang masyarakat terutama di Indonesia. Sebut saja penyakit sifilis atau bisa disebut raja singa, adalah sautu penyakit yang dapat menular, dan disebabkan oleh bakteri bernama spiroseta.

Yang memilki nama lain yakni Treponema Pallidum, bentuk dari bakteri tersebut spiral. Serta masuk dalam kategori bakteri motil, artinya bakteri mampu bergerak.

Pada dasarnya, bakteri Treponema Pallidum akan menginfeksi pengidapnya, bisa lewat kontak langsung, melakukan hubungan intim dengan pasangan yang mempunyai riwayat penyakit sifilis. Selain itu, bakteri tersebut juga bisa masuk dalam tubuh inangnya hanya melalui celah bernama sel epitel.

Advertisements

Siapa yang Dapat Terkena Penyakit Sifilis?

Penyakit sifilis tdak mengenal batasan usia, baik pria dan wanita memiliki peluang yang sama yakni bisa terkontaminasi penyakit raja singa atau sifilis. Apalagi seorang pria yang melakukan hubungan seksual dengan sesama pria atau homoseks. Mempunyai kesempatan yang sangat besar terkena penyakit sifilis. Namun bukan berarti selain perilaku homoseks tidak terinfeksi penyakit sifilis.


Siapapun bisa terkena, misalnya melakukan sex bebas atau ganti-ganti pasangan seksual, tentu resiko untuk terinfeksi juga sangat besar. Bahkan di Negara Indonesia sendiri fenomena sex bebas sudah merajalela, dan sudah banyak remaja yang terkena penyakit kelamin ini.

Gejala Penyakit Sifilis

Gejala yang muncul pada penyakit sifilis berbeda sesuai dengan tahapannya. Di artikel ini akan menjelaskan setiap tahapan penyakit raja singa yang keberadannya membuat masyarakat takut. Setiap tahapan tentu memiliki dampak yang berbeda juga, maka dari itu apabila sudah merasakan gejala yang nantinya akan dijelaskan segeralah melakukan pengobatan.

Berikut ini adalah gejala penyakit sifilis dilihat dari tahapannya, antara lain:

Advertisements

Gejala Penyakit Sifilis Tahap 1

Poin pertama membahas tentang gejala penyakit kelamin raja singa singa atau sifilis. Tahapan ini timbul sekitar 2-4 minggu setelah terkontaminasi infeksi, dan berbentuk luka. Biasanya luka di barengi dengan rasa nyeri, perih saat buang air kecil, gatal-gatal, dan keluar cairan kental dari alat kelamin.

See also  Mengapa Sifilis Dapat Menyebabkan Kelumpuhan? Simak Penjelasan Lengkapnya


Pada umumnya gejala 1 ini juga bisa menyerang pria dan wanita, serta sembuh dalam jangka waktu 1-5 minggu. Bukan berarti, karena bisa sembuh dengan sendirinya, Cavaners jadi tidak mau melakukan pengobatan. Meskipun hilang, bisa juga bakteri akan muncul lagi, maka dari itu lebih baik melakukan pengobatan.

Gejala Penyakit Sifilis Tahap 2

Sedangkan gejala penyakit sifilis tahapan kedua ini bisa dihitung mulai 6-12 minggu kemudian. Adapun dari ciri-ciri yang muncul di tahapan kedua ini seperti nyeri sendi, nafsu makan berkurang, timbul ruam (berbentuk kecil serta tumbuh di telapak tangan, vagina, jika pada penis bersisik merah). Kemudian sakit kepala, sakit tenggorokan.


Setelah itu muncul juga suatu kelenjar limpa yang membengkak di area leher,ketiak dan pangkal paha, dan yang terakhir merasa cepat lelah. Untuk tahapan kedua juga disebut dengan sipilis sekunder, meskipun bisa hilang tanpa diobati, akan sangat berbahaya dan bisa masuk tahapan ketiga.

Gejala Penyakit Sifilis Tahap 3

Seseorang akan merasakan gejala penyakit sifilis pada tahapan ketiga apabila pada saat merasakan gejala sifilis sekunder tidak segera diobati. Apakah tahapan ketiga ini lebih berbahaya? Seringkali disebut sebagai tahap laten atau tersembunyi. Tahapan laten bisa berlangsung bertahun-tahun serta diikuti dengan tidak munculnya gejala.

Atau bisa juga muncul gejala namun kurang pasti, dikarenakan tahapan laten memiliki gejala yang sama dengan penyakit yang menyerang kelamin. Selain itu, faktanya penyakit sifilis ini seperti bunglon, artinya sangat pCavanersi dalam melakukan penyamaran. Ditambah dengan gejala yang timbul tidak pasti, jadi sulit untuk diprediksi oleh pengidap.

Gejala Penyakiit Sifilis Tahap 4

Setelah melalui tahapan pertama, sekunder, serta laten. Penyakit sifilis juga bisa masuk pada tahapan yang keempat atau tahapan akhir. Seringkali tahapan ini disebut dengan tersier, untuk ciri yang ditimbulkan yakni kerusakan pada jantung serta otak, sistem imun semakin menurun, kelumpuhan, dan keseimbangan tubuh juga terganggu.

See also  Berbagai Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meredakan nyeri akibat prostatitis


Hal tersebut disebabkan oleh adanya bakteri treponema pallidum, bagi para penderita penyakit kelamin seperti sifilis ketika memasuki tahap 1,2, dan 3 memang tidak muncul gejala. Namun, sikap waspada, dan tetap tenang juga diperlukan, agar tidak stres. Serta menghindari dari perilako yang sekiranya mendatangkan resiko

Reviews

Related Articles