fbpx
Sunday, May 22, 2022

Mengenal Apa Itu Albinisme, Kelainan Karena Kekurangan Melanin Dan Pigmen Kulit 

Mengenal Apa Itu Albinisme, Kelainan Karena Kekurangan Melanin Dan Pigmen Kulit 
Mengenal Apa Itu Albinisme, Kelainan Karena Kekurangan Melanin Dan Pigmen Kulit  2

Apa Itu Albinisme

Albinisme atau albino adalah suatu kondisi bawaan yang menyebabkan penderitanya mengalami kekurangan melanin atau bahkan tidak memiliki pigmen sama sekali. Oleh karena itu, warna kulit, rambut, dan mata pada penderita albinisme adalah pucat dan cenderung putih.

Meski belum ada obatnya, penderita albinisme masih bisa menjalani kehidupan normal dan menjalani aktivitas sehari-hari seperti orang normal pada umumnya.

Penyebab Albinisme

Perubahan atau mutasi gen menyebabkan albinisme. Akibat perubahan gen ini, produksi melanin terganggu, berkurang drastis, atau tidak ada. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis albinisme, yaitu albinisme okular dan okulokutaneus.

Advertisements

Albinisme mata mempengaruhi penglihatan lebih dari rambut, kulit, atau mata. Jenis albinisme ini hanya mempengaruhi mata, sehingga masih terlihat normal. Meskipun demikian, sebagian kecil kulit masih terlihat pucat.

Albinisme mata terjadi terutama pada pria dan disebabkan oleh mutasi gen pada kromosom X. Jenis albinisme ini masih sangat jarang. Albinisme okulokutaneus adalah jenis yang paling umum dan menyebabkan perubahan pada rambut, kulit, dan warna mata.

Gejala Albinisme

Tingkat melanin dalam tubuh menentukan warna rambut dan kulit pada orang yang berbeda dengan albinisme. Secara umum gejala yang sering dijumpai ditandai dengan kulit pucat dengan rambut pirang kecoklatan.

Orang dengan albinisme mudah terbakar sinar matahari karena kekurangan pigmen melanin. Oleh karena itu, penderita disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari karena dapat menimbulkan efek negatif seperti kanker kulit.

Advertisements

Di mata, kekurangan melanin bisa membuat iris lebih pucat dan mata lebih sensitif terhadap cahaya. Masalah penglihatan yang disebabkan oleh albinisme meliputi rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, strabismus, dan nistagmus lateral (gerakan berirama).

See also  Ketahui Resiko Tanam Benang Pada Wajah

Pada bayi, masalah penglihatan ini dapat mempengaruhi kemampuan bayi untuk belajar gerakan. Akibatnya, anak albinisme umumnya terlihat lebih canggung karena gangguan penglihatan.

Diagnosis Albinisme

Albinisme terjadi saat lahir. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan membandingkan kulit dan rambut bayi dengan anggota keluarga lainnya. Di sisi lain, pemeriksaan dengan cara elektroretinografi dapat dilakukan oleh dokter spesialis mata.

Komplikasi Albinisme

Kurangnya produksi melanin oleh tubuh menyebabkan warna kulit, rambut dan mata menjadi pucat.

Komplikasi berikut dapat terjadi pada orang dengan albinisme:

  • Gangguan penglihatan
  • Kanker kulit. Kekurangan melanin dalam tubuh dapat menyebabkan kanker kulit pada penderita albinisme. Karena itu, periksalah secara teratur apakah Anda mengalami gejala kanker kulit.

Pengobatan albinisme

Meskipun tidak ada obatnya, perawatan untuk albinisme berfokus pada memaksimalkan penglihatan dan melindungi kulit dengan perawatan yang tepat.

  • Penggunaan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan langsung sinar ultraviolet.
  • Penggunaan pakaian yang menutupi kulit dan penggunaan tabir surya (sunscreen) untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Gunakan kacamata khusus jika Anda memiliki masalah dengan mata dan penglihatan Anda.

Pencegahan Albinisme

Pencegahan albinisme dapat dilakukan melalui konselor genetik untuk mengetahui jenis albinisme yang terjadi.

Reviews

Related Articles