fbpx
Friday, May 20, 2022

Gejala Abses Payudara, Pengobatan dan Penanganan

Gejala Abses Payudara, Pengobatan dan Penanganan
Gejala Abses Payudara, Pengobatan dan Penanganan 2

Apa Itu Abses Payudara

Abses payudara adalah kumpulan nanah yang berkembang di jaringan payudara.

Penyebab Abses Payudara

Penyebab paling umum dari abses payudara adalah infeksi jaringan payudara oleh bakteri dari mulut bayi yang masuk ke kelenjar susu melalui puting yang terluka (mastitis). Infeksi ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang menyusui. Namun, abses payudara juga bisa terjadi pada wanita yang tidak menyusui atau sedang hamil.

Gejala abses payudara

Gejala abses payudara Adanya abses payudara ditandai dengan: Nyeri payudara Payudara tampak bengkak dan merah Payudara terasa hangat saat disentuh atau terdapat benjolan pada payudara Demam atau malaise (menggigil) Ada berbagai jenis kanker payudara yang memiliki tanda dan gejala yang mirip dengan abses payudara. Karena itu, jika Anda melihat gejala di atas, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Advertisements

Penyebab abses payudara

Penyebab Abses payudara terjadi ketika Anda sebelumnya pernah mengalami infeksi payudara (seperti mastitis) yang tidak segera diobati. Selain bakteri dari mulut bayi yang menyebabkan infeksi payudara, pengosongan payudara yang tidak lengkap selama menyusui juga dapat menyebabkan, dan bahkan memperburuk, infeksi. Anda berisiko tinggi terkena abses payudara jika Anda merokok. tindik puting. Dada Puting kering dan pecah-pecah. Pernah menjalani operasi implan payudara. Diabetes mellitus atau orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Diagnosis abses payudara.

Diagnosis abses payudara. Dokter Anda akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik, dan tes untuk menentukan diagnosis abses payudara. Jika dicurigai abses payudara, tes tindak lanjut berikut dilakukan: Ultrasonografi (USG) payudara untuk membedakan peradangan ringan pada payudara (mastitis) dari infeksi yang telah berkembang menjadi abses. ujian budaya.

See also  Cara Alami Mengobati Raja Singa

Dokter akan mengambil sampel kecil nanah atau susu dari payudara Anda, dan kemudian memeriksanya di bawah mikroskop untuk melihat apa yang menyebabkan infeksi. Setelah penyebabnya diketahui, dokter dapat memutuskan antibiotik mana yang akan diberikan. mamografi dan biopsi payudara. Mammografi adalah tes yang menggunakan sinar-X yang membuat gambar jaringan payudara pada film fotografi. Pemeriksaan ini dapat mengetahui apakah Anda memiliki kista, kalsifikasi, atau tumor di payudara Anda.

Jika Anda mencurigai adanya tumor di payudara Anda, dokter biasanya akan merekomendasikan biopsi payudara. Kedua tes tersebut biasanya dilakukan pada wanita yang memiliki abses payudara tetapi tidak menyusui dan yang tidak sembuh meskipun telah menjalani pengobatan.

Advertisements

Pengobatan abses payudara.

Mengobati abses payudara Perawatan standar untuk abses payudara adalah pembedahan yang melibatkan sayatan kecil (sayatan) dan drainase (pengangkatan nanah yang dikeluarkan dari payudara). dikumpulkan sampai habis atau kering). Namun, jika tempat Anda dirawat tidak memiliki fasilitas yang memadai, dokter akan terlebih dahulu mengobati Anda dengan antibiotik dan merujuk Anda ke tempat sayatan dan drainase yang sesuai. Jika abses payudara kurang dari 3 sentimeter, dokter mungkin menggunakan jarum suntik untuk menyedot nanah (aspirasi).

Tindakan ini dimulai dengan terlebih dahulu meletakkan obat bius di area dada yang akan disuntikkan sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jika ukuran abses lebih dari 3 sentimeter atau ada riwayat abses payudara berulang, sebaiknya dilakukan insisi dan drainase abses. Dokter Anda mungkin memberikan antibiotik sebelum atau sesudah prosedur.

Jika ada tanda dan gejala infeksi yang semakin parah dan meluas (sepsis), dokter akan menyarankan rawat inap untuk sayatan dan drainase di ruang operasi dengan anestesi, perawatan luka intensif untuk mencegah infeksi sekunder, dan juga antibiotik untuk dimasukkan melalui pembuluh darah. Baca Juga: Prosedur Drainase untuk Mengobati Nyeri Abses Payudara? Mungkin itu sebabnya perbedaan bentuk dan ukuran payudara adalah normal? Itu Jawabannya Apakah abses payudara bisa sembuh total? Sebagian besar kasus abses payudara dapat membaik. Tetapi beberapa wanita mengalami abses payudara berulang. Penyembuhan abses payudara memakan waktu sekitar beberapa hari hingga beberapa minggu.

See also  Apa Itu Penyakit Tinnitus - Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Jika Anda mengalami gejala yang sama selama lebih dari lima minggu, sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter. Bisakah saya terus menyusui jika saya memiliki abses payudara? Jika Anda memiliki infeksi payudara (misalnya mastitis), Anda dapat melanjutkan Bayi tidak boleh disusui secara langsung. Beberapa rekomendasi menyatakan bahwa setelah pengobatan abses payudara, lebih baik memerah ASI dengan pompa payudara untuk mencegah penularan infeksi dari mulut bayi ke jaringan payudara. merasa sulit untuk pulih.

Mereka memberikan saran tentang cara menyusui dengan aman dan nyaman, dan juga dapat membantu mencegah infeksi payudara di masa depan. Mencegah Abses Payudara Mencegah abses payudara juga berarti mencegah infeksi payudara lainnya (misalnya mastitis). Beberapa wanita lebih rentan terhadap infeksi saat menyusui daripada yang lain. Namun, kebiasaan menyusui yang baik dapat mencegahnya, termasuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui. Perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Pastikan si kecil menempel dengan benar ke payudara Anda saat menyusui dan tidak basah. Cobalah untuk membuat bayi Anda mengosongkan susunya. Letakkan payudara sebanyak mungkin Kedua payudara digunakan sama rata untuk menyusui Gunakan payudara sebelah kiri jika payudara pertama kosong Anda juga perlu menjaga kebersihan payudara. Cara membersihkan dada setiap hari dengan sabun lembut dan air.

Keluarkan sisa susu yang mengeras dan keringkan payudara secara perlahan dengan handuk bersih. Setelah selesai menyusui, bersihkan puting dan areola (bagian payudara yang lebih gelap) dengan kapas bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk mencegah puting pecah-pecah. Setelah membersihkan puting dengan air hangat, biarkan payudara Anda mengering dengan sendirinya. Oleskan krim lanolin ke puting dan areola setiap hari sesuai kebutuhan untuk mencegah puting pecah-pecah.

See also  Waspadai 3 Gejala Sipilis pada Wanita, agar Dapat Atasi Segera

Reviews

Related Articles