fbpx
Saturday, May 21, 2022

Abses Otak, Gejala , Penyebab dan Pengobatanya

Abses Otak, Gejala , Penyebab dan Pengobatanya
Abses Otak, Gejala , Penyebab dan Pengobatanya 2

Sistem kekebalan dan lapisan pelindung khusus di pembuluh darah otak berperan dalam melindungi otak dari infeksi. Namun, terkadang beberapa bakteri dan organisme lain dapat melewati lapisan pelindung ini dan menyebabkan infeksi. Otak merespons gangguan dengan menciptakan ruang kecil untuk membatasi penyebaran kuman lebih lanjut. Akibat infeksi dan daya tahan tubuh yang menyebabkan nanah mengisi ruang kecil ini disebut abses otak.

Gejala abses otak

Gejala abses otak, gangguan saraf tertentu, dan gangguan komunikasi.

Penyebab abses otak

Penyebab abses otak adalah infeksi, misalnya oleh bakteri, TBC, jamur atau kuman lainnya. Risiko abses otak meningkat pada orang dengan: sistem kekebalan yang lemah karena penyakit seperti HIV/AIDS, kanker, diabetes atau penyakit kronis lainnya Cacat jantung bawaan Peradangan meninges (meningitis) sistem kekebalan Abses otak sering terjadi akibat penyebaran infeksi dari organ lain di daerah kepala seperti sinusitis, otitis media, infeksi gigi, atau komplikasi setelah operasi pengangkatan tumor otak. Mendiagnosis abses otak Pasien dengan abses otak harus dibawa ke unit gawat darurat rumah sakit (IGD) terdekat untuk mendapatkan perhatian medis segera.

Advertisements

Dokter mengambil riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan tes (seperti CT scan atau MRI otak) untuk mendiagnosis abses otak.

Mengobati abses otak

Mengobati abses otak Antibiotik diperlukan untuk mengobati abses otak yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada beberapa kasus yang parah, abses otak juga perlu diobati dengan prosedur drainase bedah untuk mengeluarkan nanah.

Tergantung pada agen penyebabnya, obat lain juga dapat diberikan. Pencegahan abses otak dapat dihindari dengan menghindari faktor risiko, antara lain pengetahuan dan pengobatan lengkap infeksi pada organ kepala. Trauma kepala membutuhkan operasi tulang atau tengkorak yang retak. dilakukan untuk mengisi celah di mana bakteri dan jamur berpotensi masuk ke abses otak.

See also  Penjelasan Apa Itu Aritmia, Ketika Detak Jantung Tidak Beraturan

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi jantung sebelum menjalani prosedur gigi atau urologi. Biasanya, dokter meresepkan antibiotik, yang harus diminum sebelum prosedur. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi ke otak. Minum obat antiretroviral (ARV) secara teratur pada orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA).”

Advertisements

Reviews

Related Articles