fbpx
Tuesday, May 24, 2022

Penanganan dan Diagnosis Abses Gigi

Penanganan dan Diagnosis Abses Gigi
Penanganan dan Diagnosis Abses Gigi 2

Penanganan dan Diagnosis Abses Gigi – Abses gigi adalah kantong berisi nanah yang terbentuk di sekitar gigi karena infeksi bakteri. Kondisi ini perlu ditangani oleh dokter spesialis karena dapat merusak tulang dan jaringan gigi.

Gejala abses gigi

Segera periksa ke dokter jika Cavaners mengalami gejala abses gigi berikut ini: nyeri berdenyut di daerah tempat abses tumbuh, gigi menjadi lunak, gusi bengkak, merah, dan mungkin nyeri tekan pada gigi. sentuhan menyebar ke area lain seperti tulang rahang, telinga dan leher. Penyebaran infeksi dapat membuat Cavaners sulit membuka mulut.

Kondisi ini juga menyebabkan demam dan nyeri tubuh. Komplikasi timbul bila abses yang pecah tidak mengalir. Dalam kasus yang parah, penyebaran abses di gigi dapat menyebabkan sepsis, suatu kondisi di mana kuman memasuki aliran darah dan dapat mengancam jiwa.

Penyebab gigi abses Gigi

abses biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada gigi dan mulut. Berikut penyebab abses gigi berdasarkan jenisnya: Abses periapikal, terjadi saat bakteri masuk ke dalam gigi melalui lubang kecil akibat kerusakan gigi. Semakin banyak bakteri, semakin dalam lubang yang terbentuk hingga mencapai bagian lunak yang disebut pulpa (disebut pulpitis). Saat pulpitis memburuk, bakteri dapat menyerang tulang yang menopang gigi dan membentuk abses periapikal. Abses periodontal terbentuk ketika bakteri menumpuk di plak dan menginfeksi gusi.

Infeksi menyebabkan gusi menjadi meradang, menyebabkan ligamen gusi terpisah dari pangkal gigi. Pelepasan pita menciptakan lubang kecil di mana bakteri dapat berkumpul, sehingga lebih mudah bagi gusi yang abses untuk terbentuk.

Diagnosis abses gigi

Abses gigi didiagnosis melalui pemeriksaan oleh dokter gigi. Anda akan diminta untuk membuka mulut, kemudian dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengamati secara berurutan kondisi gusi dan gigi Anda. Selama pemeriksaan, dokter mungkin bertanya tentang riwayat kesehatan gigi dan kebiasaan gigi Anda.

See also  7 Cara Memutihkan Kulit Belang Dengan Bahan Alami Cepat dan Praktis

Beri tahu dokter Anda tentang riwayat Anda menggunakan obat apa pun, termasuk obat-obatan dengan atau tanpa resep, suplemen makanan, atau obat-obatan herbal. Karena beberapa obat berdampak buruk pada kondisi gigi dan mulut, jika perlu, dokter akan melakukan rontgen gigi dengan rontgen untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang kondisi rongga mulut. CT scan dilakukan jika infeksi telah menyebar ke bagian tubuh lain. Mengobati gigi abses Gigi abses perlu dirawat oleh dokter gigi dan spesialis maksilofasial.

Advertisements

Anda biasanya akan dirawat dengan prosedur untuk mengeluarkan nanah yang terperangkap (drainase abses), saluran akar (saluran akar), pencabutan gigi, dan minum antibiotik dan pereda nyeri. Selain prosedur medis, berikut ini cara mengobati abses gigi sendiri di rumah:

  1. Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride
  2. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut
  3. Hindari flossing daerah yang terkena
  4. Hindari konsumsi makanan/minuman panas, tinggi gula, terlalu asam
  5. Kunyah makanan di sisi mulut Anda yang tidak sakit

Pencegahan abses gigi

Pencegahan terbaik dari abses gigi adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, antara lain: Menggosok gigi dua kali sehari Flossing untuk menghilangkan partikel makanan di daerah yang sulit dijangkau Membilas mulut dengan obat kumur setelah menyikat Membatasi makanan dan minuman tinggi gula, tepung, atau soda Batasi kunjungan Anda ke dokter gigi setiap enam bulan sekali

Reviews

Related Articles