fbpx
Tuesday, May 24, 2022

9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Kulit, Hemat dan Efisien

9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Kulit, Hemat dan Efisien
9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Kulit, Hemat dan Efisien 2

Manfaat Kunyit – Kunyit adalah salah satu bumbu yang paling populer. Kunyit sering digunakan untuk menambahkan rona oranye kekuningan cerah pada masakan. Namun tak hanya itu, kunyit juga berfungsi sebagai bahan kecantikan yang efektif dan alami.

Manfaat kesehatan dari kunyit diperoleh dari kurkumin, sebuah komponen bioaktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Penelitian ilmiah modern sudah mulai mempelajari dampak positif kunyit bagi kesehatan kulit.

Berikut 9 Manfaat kunyit untuk kesehatan kulit

1. Mencerahkan Kulit

Kunyit mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Dua sifat ini membuat kunyit mampu memberikan cahaya alami pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah masker kunyit untuk diaplikasikan pada kulit. Campur dengan susu, yogurt atau madu dan oleskan pada wajah selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

2. Mengurangi Bekas Jerawat

Masker kunyit dipercaya mampu mengurangi jerawat dan bekasnya yang membandel. Ini mungkin berkat adanya sifat anti-inflamasi yang menargetkan pori-pori dan menenangkan kulit. Kunyit juga dikenal dapat mengurangi jaringan parut. Kombinasi manfaat ini dapat membantu kulit wajah menjadi lebih bersih.

3. Mengurangi Kerutan

Jika Anda memiliki masalah seperti munculnya kerutan di wajah, mengaplikasikan masker kunyit bisa menjadi solusi. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada kunyit diyakini mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Tak hanya itu, penggunaan masker kunyit juga diyakini efektif untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

4. Menyamarkan Kantong Mata

Memiliki kantong mata yang menghitam atau mata pCavaners dapat mengganggu penampilan sehari-hari. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir.

Advertisements
See also  Wah Ternyata ini Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Kusam, Baru Tahu Kan ?

Memanfaatkan khasiat masker kunyit bisa mengatasi masalah kantong mata hitam. Kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit.

Pengaplikasian masker kunyit ke wajah mampu merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

5. Solusi Psoriasis di Wajah

Kandungan antioksidan dan antiradang dalam kunyit dapat membantu mengendalikan gejala psoriasis di wajah.Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat kunyit untuk wajah ini bisa Anda rasakan dengan menambahkan ekstrak kurkumin pada makanan.Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter.

6. Melembapkan Kulit

Kulit wajah Anda cenderung kering? Nah, manfaat kunyit untuk kulit wajah yang satu ini mungkin Anda tunggu-tunggu. Kunyit diketahui dapat melembapkan dan memperbarui kulit secara mendalam. Selain itu, masker wajah yang mengandung kunyit bisa mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati serta membuat kulit lebih lembut.

7. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kunyit kaya akan antioksidan, sehingga diduga dapat menangkal dampak buruk radikal bebas. Apabila dikombinasikan dengan gaya hidup dan pola makan sehat, kunyit bahkan dituding dapat menurunkan risiko kanker kulit.

8. Anti Mikroba

Kunyit diketahui juga memiliki kemampuan yang mengesankan untuk menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat pada kulit, berkat sifat antimikrobanya. Hal ini dapat membantu kesehatan kulit secara umum, khususnya bermanfaat untuk mengatasi jerawat, karena salah satu komponen jerawat adalah bakteri penyebab jerawat yang berlebihan pada kulit.

9. Menyembuhkan Luka Bakar

Jika Anda mengalami luka bakar ringan, kunyit juga dapat mengatasi masalah ini. Kurkumin atau senyawa yang ditemukan di dalam kunyit dapat diaplikasikan pada luka. Campurkan bubuk kunyi dengan gel lidah buaya yang tidak mengandung alkohol, oleskan ke luka bakar, diamkan, kemudian bilas dengan lembut. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan.

See also  Manfaat Vitamin B3 atau Niacinamide untuk Mencerahkan Kulit

Demikian 9 Manfaat kunyit untuk kesehatan kulit, semoga bermanfaat. Tetap selalu berhati – hati, apalagi yang memiliki kulit sensitif.

Reviews

Related Articles