fbpx
Tuesday, May 24, 2022

8 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah

8 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah
8 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah 2

Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah – Rumput laut ternyata memberikan segudang manfaat untuk kecantikan kulit, hal ini terbukti dengan banyaknya bahan produk kosmetik dan perawatan kulit menggunakannnya. Manfaat rumput laut untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang banyak tersebut. Kamu bisa mendapatkan berbagai Manfaat Rumput Laut ini, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan dengan mengonsumsinya atau dengan memilih produk kecantikan berbahan rumput laut. Ataupun bisa dijadikan bahan dasar pembuatan masker, yang mudah dirumah.

Berikut 8 Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Dapat Mengatasi Hiperpigmentasi

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Marine Drugs mengatakan, skincare yang mengandung ekstrak rumput laut bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak hitam kecokelatan di kulit. Masalah ini dapat menyebabkan warna kulit wajah menjadi tidak merata.


Menyamarkan Kerutan di Wajah

Menurut studi tahun 2018 yang dilakukan di Korea Selatan, rumput laut juga bisa membantu mengurangi munculnya kerutan di kulit.

Pasalnya, ekstrak rumput laut memiliki sifat antipenuaan yang bisa menyamarkan kerutan di wajah.

Dapat Melembapkan Kulit

Jika Anda memiliki kulit kering, rumput laut dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut. Ekstrak rumput laut bisa menghidrasi kulit dan meningkatkan kadar kelembapan di wajah.

Dapat Mengatasi Peradangan

Apabila kulit Anda termasuk jenis yang sensitif dan mudah iritasi, ekstrak rumput laut dapat membantu meringankan gejala peradangan yang muncul. Sebab, rumput laut ditemukan mengandung sifat antiinflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan di kulit.

Membantu Mengatasi Eksem

Manfaat rumput laut untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi eksem. Bagi Cavaners yang familiar dengan eksem, tentu tahu bahwa kulit kering adalah musuh bagi penderita eksem. Khasiat melempabkan yang dimiliki oleh rumput laut juga dapat membantu mencegah kambuhnya eksem.

Advertisements
See also  5 Penyebab Uban Di Usia Muda, dan Cara Efektif Untuk Mencegahnya

Rumput laut juga berkhasiat menenangkan (soothing) dan membantu meredakan area kulit yang kering dan gatal saat eksem kambuh, sekaligus memicu regenerasi sel dan membantu penyembuhan luka.

Detoksifikasi Kulit

Selain itu, manfaat rumput laut untuk kecantikan juga dapat membantu dektoksifikasi dan membersihkan pori. Rumput laut diketahui mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi yang dapat membantu detoksifikasi kulit dari racun dan kotoran akibat paparan lingkungan.

Sebesar 40 persen ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.

Merawat Kulit Berminyak

Jika Cavaners memiliki jenis kulit berminyak, hanya dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, Cavaners akan mendapatkan scrub alami yang sehat dan banyak manfaat. Rumput laut memiliki efek menyeimbangkan kondisi kulit, sehingga pemakaian scrub rumput laut secara rutin akan membantu mengatur produksi sebum tanpa membuat kulit jadi kering.

Membersihkan Pori-Pori

Manfaat rumput laut untuk kecantikan selanjutnya adalah membersihkan pori. Berbagai produk scrub yang berbahan utama rumput laut dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat sebum yang bercampur dengan kotoran, yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya komedo dan jerawat.

Cara Pembuatan Masker dari Rumput Laut

Bahan yang perlu disiapkan:

500 gram rumput laut segar.
3 sdm yogurt.
1 sdm minyak zaitun.
3 sdm madu.
Air perasan buah lemon, gunakan setengah buahnya saja.


Cara membuatnya:

  • Siapkan rumput laut yang masih segar dan pastikan sudah dicuci dengan air sampai bersih.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan sampai tercampur rata.
  • Setelah cukup halus dan semua bahan tercampur, pindahkan ke dalam wadah atau mangkuk bersih.
  • Oleskan masker ke wajah secara merata, hindari mengaplikasikan ke area mata, mulut, dan lubang hidung.
  • Diamkan masker sekitar 10-15 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih berbahan lembut.
  • Sebelum menggunakan masker rumput laut, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan dengan sabun sesuai jenis kulit. Hal ini bertujuan agar masker rumput laut dapat menyerap baik ke kulit wajah Anda
See also  7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit Wajah, bisa Menghilangkan jerawat dan bekasnya lho!

Demikian artikel tentang ” Rumput Laut Untuk Kecantikan ” semoga bermanfaat dan bantu share ya Cavaners..

Reviews

Related Articles