fbpx
Saturday, May 21, 2022

8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit

8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit
8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit 2

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit – Lidah Buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, tanaman ini ternyata kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa kandungan aloe vera yang menjadikannya sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

  • Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
  • Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.
  • Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
  • Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
  • Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.
  • Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.
  • Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya

Berikut 8 Manfaat Lidah buaya untuk kulit

1. Mengatasi kulit kering

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah membantu mengatasi kulit kering. Gel lidah buaya mampu meresap cepat ke kulit. Itulah mengapa, gel lidah buaya baik untuk kulit berminyak. Meski demikian, gel lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi kulit kering.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu bisa mengoleskannya ke wajah setelah mandi sebagai pengganti pelembap.

Advertisements

2. Mengobati jerawat meradang

Gel lidah buaya memiliki kandungan anti-peradangan yang bermanfaat membantu meredakan jerawat meradang, seperti nodula dan pustula.

See also  Bakuchiol Dalam Prodak Skincare, Apa Manfaatnya Untuk Kulit

Untuk menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area terdampak menggunakan kapas setidaknya sehari tiga kali.

3. Mengatasi sunburn

Manfaat gel lidah buaya untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mengatasi sunburn. Hal ini tak lain karena gel lidah buaya terkenal memiliki sifat menenangkan kulit karena bisa memberi sensasi dingin pada kulit yang terkena sengatan matahari. Ini membantu mencegah peradangan dan iritasi akibat sunburn. Antioksidan dalam gel lidah buaya juga melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

4. Mencerahkan kulit

Wajah kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalu banyak terpapar sinar matahari, stres, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu.

Advertisements

Kamu bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah. Manfaat gel lidah buaya untuk kecantikan menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah. Selain itu, lidah buaya juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.

5. Mencegah penuaan dini

Selanjutnya, kerutan dan penuaan dini juga bisa dicegah dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Pasalnya sifat antioksidan dalam lidah buaya dipercaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat gel lidah buaya untuk kecantikan wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

See also  Kenapa Cek Sperma Didalamnya Terdapat Nanah Tetapi Bukan Gonore? Penjelasannya Disini!

6. Sebagai sumber vitamin

Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dalam lidah buaya juga bisa melawan efek radikal bebas sehingga kulit dan tubuh akan tetap sehat.

7. Pembersih make up alami

Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan untuk pembersih make up alami. Pakai bagian daging lidah buaya dan bersihkan, kemudian haluskan. Oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Namun perlu diingat, bahwa ada sebagian orang sensitif terhadap lidah buaya. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

8. Eksfoliasi ringan

Kandungan asam salisilat dalam lidah buaya juga berfungsi sebagai exfoliator yakni membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut. Lidah buaya juga mengandung lignin, zat yang dapat meningkatkan efek penetrasi bahan lain ke dalam kulit.

Demikian 8 manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit, tetap berhati-hati bagi yang memiliki kulit yang sensitif.

Reviews

Related Articles