fbpx
Tuesday, May 24, 2022

8 Manfaat Jamu Kunyit Asem, Untuk Mencerahkan Wajah Hingga Meredakan Nyeri Saat Haid

8 Manfaat Jamu Kunyit Asem, Untuk Mencerahkan Wajah Hingga Meredakan Nyeri Saat Haid
8 Manfaat Jamu Kunyit Asem, Untuk Mencerahkan Wajah Hingga Meredakan Nyeri Saat Haid 3

Manfaat Jamu Kunyit Asem – Salah satu minuman yang baik untuk menjaga kecantikan kulit Cavaners adalah kunyit asam. Pasalnya kunyit asam terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan nutrisi seperti kunyit, asam jawa hingga gula merah atau gula aren. Rasanya yang segar juga dapat menambah energi Cavaners untuk semangat menjalani hari.

Berikut Manfaat Jamu Kunyit Asem

Dapat Mencerahkan Kulit

Manfaat kunyit asam untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Hal ini sejalan dengan manfaat kunyit asam untuk jerawat, Cavaners juga bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan mengonsumsinya secara rutin. Kunyit asam bisa mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini dipengaruhi oleh antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimilikinya.

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Kulit wajah yang bersih dan terawat merupakan impian kebanyakan wanita. Akan tetapi, masih banyak wanita yang kuwalahan mendapatkannya. Apalagi jika jerawat masih saja menghantui wajahnya. Mengonsumsi kunyit asam dapat mengatasi masalah jerawat. Selain dapat meredakan peradangannya, kunyit asam juga bisa mencegah kemunculannya. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan vitamin C yang dimiliki keduanya.

Mencegah Penuaan Dini

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan kunyit asem sangatlah tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam jamu bisa membantu memperlambat proses penuaan dini. Kemudian mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV. Begitu juga dengan efek pemakaian kosmetik dan jerawat.

Mengatasi Nyeri Saat Haid

Meredakan nyeri hadi bisa dengan mencoba konsumsi kunir asem. Manfaat kunyit asam untuk wanita sangat baik untuk meredakan nyeri haid, Kunyit akan mempermudah peluruhan dinding rahim. Hingga Cavaners tak akan merasakan nyeri berlebih. Begitu juga dengan kurkumin yang bisa menjadi inflamasi pereda kontraksi.

See also  Mau Tau Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Bibir Pecah-Pecah ? Pelajari Disini

Mengatasi Keputihan

8 Manfaat Jamu Kunyit Asem, Untuk Mencerahkan Wajah Hingga Meredakan Nyeri Saat Haid
8 Manfaat Jamu Kunyit Asem, Untuk Mencerahkan Wajah Hingga Meredakan Nyeri Saat Haid 4

Manfaat kunyit asam bisa bantu menghentikan keputihan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi. Kandungan ini juga sangat efektif hentikan dan cegah keputihan. Untuk bisa merasakan manfaatnya, mengonsumsi secara rutin dengan takaran pas sangat dianjurkan.

Melindungi Usus dan Lambung

Manfaat kunyit asam selanjutnya adalah untuk melindungi usus dan lambung. Kunyit yang mengandung zat antiradang dan antioksidan ini telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung.

Advertisements

Meningkatkan Fungsi Otak

Ketika kemampuan otak mengalami penurunan dapat mengakibatkan masalah seperti Depresi atau Alzheimer. Menariknya kurkumin dalam kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Konsumsi kunyit asam sama halnya mampu meningkatkan fungsi otak. Kerentanan terkena penyakit otak pun menurun. Kamu dapat mengonsumsi ramuan jamu kunyit asam secara rutin.

Mengontrol Gula Darah

Sebuah studi tinjauan terbitan tahun 2013 menunjukkan curcumin dalam kunyit dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asem

Berikut ini Cavana Skin tampilkan resep sederhana untuk membuat jamu kunyit asam yang enak.

Bahan:

  • 600 ml air
  • 100 gram gula jawa, sisir
  • 20 gr asam jawa
  • 8 buah kunyit ukuran besar


Cara Membuat Jamu Kunyit Asam:

  1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.
  2. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.
  3. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol.
  4. Demikian cara membuat jamu kunyit asam tradisional. Sajikan kunyit asam dalam keadaan hangat atau dingin.
See also  7 Ramuan Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Jerawat Membandel

Reviews

Related Articles