fbpx
Sunday, May 22, 2022

7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas
7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas 3

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas – Kulit tangan mengelupas adalah suatu kondisi akibat ketika lapisan kulit paling atas hilang. Penyebab kulit tangan mengelupas adalah adanya kerusakan pada kulit akibat kulit kering, paparan sinar matahari secara berlebihan, hingga infeksi.

Saat kulit tangan mengelupas, kita sering merasa tidak nyaman karena mengganggu penampilan. Apalagi ketika harus berjabat tangan dengan orang lain. Maka dari itu, penting mengetahui penyebab kulit tangan mengelupas dan cara mengatasinya.

Sebab, jika dibiarkan terus menerus, rasa tidak nyaman akibat kulit tangan mengelupas dapat menimbulkan keluhan lain, seperti rasa gatal dan kulit kering.
Penyebab kulit tangan mengelupas. Kulit tangan mengelupas adalah suatu kondisi akibat ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) hilang tanpa disengaja.

Advertisements

Kulit tangan mengelupas bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada kulit akibat kulit kering, paparan sinar matahari secara berlebihan, hingga infeksi. Namun, pada beberapa kasus, kulit tangan mengelupas merupakan tanda gangguan sistem kekebalan tubuh atau kondisi medis lainnya.

Adapun beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kulit tangan mengelupas, yaitu:

Kulit kering

Salah satu penyebab kulit tangan mengelupas adalah kondisi kulit yang kering.
Kulit kering biasanya terjadi saat cuaca dingin. Anda juga mungkin lebih rentan mengalami kulit kering apabila cuci tangan menggunakan air hangat.
Sebagai solusinya, sebaiknya rutin menggunakan pelembap tangan dan hindari mencuci tangan dengan air hangat.

Terlalu sering mencuci tangan

Salah satu penyebab kulit tangan mengelupas adalah terlalu sering mencuci tangan. Memang, cuci tangan sangat penting untuk mencegah penularan kuman dan penyebaran penyakit. Namun, terlalu sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas.

Advertisements


Cuci tangan menggunakan sabun juga dapat menyebabkan lapisan minyak pelindung kulit menjadi berkurang. Ketika lapisan minyak tersebut berkurang, kemampuan kulit untuk menahan cairan turut menurun. Akibatnya, kelembapan kulit berkurang dan kulit menjadi kering serta pecah-pecah.

See also  Berbagai Manfaat Timun Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kesehatan Kulit

Terlebih jika Anda menggunakan sabun dengan kandungan deterjen, kandungan kimia yang keras, atau sabun antiseptik.

Faktor iklim

Iklim juga menjadi penyebab kulit tangan mengelupas karena memengaruhi kelembapan kulit. Misalnya, ketika berada di daerah beriklim musim dingin, kulit akan cenderung menjadi kering.

Jika tidak mengenakan sarung tangan saat beraktivitas di luar ruang, mungkin saja kulit tangan mengelupas akan muncul akibat kondisi kulit yang kering dan pecah-pecah.

Terbakar sinar matahari (sunburn)

Kulit yang terbakar sinar matahari atau sunburn juga dapat menjadi penyebab kulit tangan mengelupas. Seseorang bisa mengalami sunburn akibat terlalu banyak paparan sinar ultraviolet.

Saat terlalu lama beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari, kulit akan terbakar dengan gejala kemerahan, panas, dan terasa perih. Beberapa waktu kemudian, kulit yang terbakar matahari tersebut akan mengelupas.

Kulit yang mengalami sunburn biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar seminggu. Selama masa penyembuhan, hindari beraktivitas di bawah sinar matahari.
Oleskan pula losion yang mengandung lidah buaya pada area kulit yang terbakar. Kandungan ini akan menyejukkan kulit, menjaga kulit tetap lembap, dan membantu proses penyembuhan.

Mengisap jari

Pada anak-anak, penyebab kulit jari tangan mengelupas bisa terjadi karena kerap mengisap jari atau jempol. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan luka yang terasa nyeri serta kulit tangan mengelupas, terutama pada jari-jari yang diisap.

Orang tua tak perlu khawatir karena anak-anak akan meninggalkan kebiasaan tersebut seiring pertambahan usia.

7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas
7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas 4

Paparan zat kimia

Paparan zat kimia seringkali menjadi penyebab kulit telapak tangan mengelupas.
Banyak profesi yang membuat pekerjanya terpaksa menerima paparan zat kimia di tangan. Misalnya, profesi di bidang pertanian, konstruksi, dan manufaktur.
Di dalam rumah pun, bisa saja terdapat produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan-bahan kimia yang keras.

See also  Beberapa Manfaat Serum Vitamin C Untuk Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Sering mengalami kontak dengan bahan-bahan kimia ini akan menyebabkan kondisi kulit telapak tangan mengelupas menjadi kering dan iritasi.
Mencegah iritasi dan kulit kering akibat paparan zat kimia bisa dilakukan dengan menggunakan sarung tangan pelindung, mencuci tangan setelah bekerja dengan bahan kimia, dan sering mengoleskan pelembap tangan.

Advertisements

Efek samping obat-obatan tertentu

Penyebab kulit tangan mengelupas bisa saja merupakan tanda efek samping obat-obatan tertentu yang digunakan. Salah satunya adalah obat retinoid yang umum digunakan untuk mengobati jerawat.

Selain itu, ada beberapa obat yang memiliki efek samping berupa pengelupasan kulit. Misalnya, obat tekanan darah tinggi, penisilin, obat oles, serta obat kejang.

Reviews

Related Articles