fbpx
Friday, May 20, 2022

7 Bahan Alami Atasi Bau Ketiak yang Menjengkelkan, Wajib tahu Bisa Pakai Lobak lho!

7 Bahan Alami Atasi Bau Ketiak yang Menjengkelkan, Wajib tahu Bisa Pakai Lobak lho!
7 Bahan Alami Atasi Bau Ketiak yang Menjengkelkan, Wajib tahu Bisa Pakai Lobak lho! 2

Bahan Alami Atasi Bau Ketiak – Bau di ketiak cukup menganggu, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. Jangan risau, sebab ada beberapa cara menghilangkan bau ketika secara alami. Bau ketiak sendiri diakibatkan oleh kelenjar keringat yang memiliki peran menjaga suhu tubuh tetap stabil saat kondisi panas. Keringat ini mengandung lemak dan protein yang diurai oleh bakteri.

Berikut 7 Bahan Alami Atasi Bau Ketiak

1. Kayu Cendana

Bubuk kayu cendana juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Bubuk cendana adalah solusi efektif untuk mengatasi bau ketiak karena memiliki aroma menenangkan yang menghilangkan bau tak sedap dan mencegah keringat berlebih.

2. Cuka Apel

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami salah satunya dengan menggunakan cuka apel. Caranya, langsung oleskan cuka sari apel ke ketiak Anda. Sifat antimikroba dan asam dalam cuka apel dapat menghancurkan bakteri penyebab bau.

Advertisements

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan lidah buaya sebenarnya adalah metode yang sudah cukup lama digunakan. Lidah buaya kaya akan antioksidan dan sifat anti-bakteri, gel lidah buaya dapat mengurangi bau tak sedap dan membunuh bakteri penyebab bau ketiak.

4. Lemon

Lemon sudah lama dikenal sebagai obat penghilang bau badan. Untuk melenyapkan bau tidak sedap di ketiak, oleskan langsung potongan lemon di ketiak. Anda juga bisa mencampur perasan lemon dengan soda kue, campuran keduanya efektif membunuh bakteri penyebab bau badan.

5. Minyak Teh

Sifat anti-bakteri yang ditemukan dalam minyak pohon teh adalah solusi yang baik untuk mengatasi bau ketiak dan membunuh bakteri penyebab bau.

6. Kentang

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami lainya yakni dengan menggunakan kentang. Gosokan sepotong kentang di ketiak Anda. Hal ini membantu mengendalikan keringat dan menurunkan tingkat pH kulit Anda sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab bau.

Advertisements

7. Lobak

Lobak bertindak sebagai deodoran organik yang bagus karena mengandung sifat anti-bakteri yang membantu menghentikan bakteri penyebab bau. Cara pemakaiannya, Anda bisa menjadikan lobak sebagai jus, lalu oleskan langsung pada ketiak.

See also  Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Sipilis

Selain menggunakan bahan alami di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Mandilah setidaknya 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore, untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit. Saat mandi, bersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun dan pastikan area ketiak dibersihkan dengan benar. Anda bisa mencoba menggunakan sabun antibakteri untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Pilih Bahan Pakian

Kenakan pakaian yang yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun dan linen. Selain itu, usahakan untuk segera mengganti pakaian jika pakaian yang Anda kenakan telah basah oleh keringat. Hal ini agar kulit tidak lembap dan bakteri tidak mudah tumbuh.

3. Pakai Deodoran

Setelah mandi, keringkan tubuh Anda dengan handuk lalu oleskan antiperspiran atau deodoran pada ketiak. Antiperspiran dan deodoran memiliki fungsi yang berbeda dalam mencegah bau badan.

4. Pola Makan Sehat

Makanan yang Anda makan bisa memengaruhi bau badan Anda. Kurangi atau batasi makanan pedas dan beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan ini dapat membuat keringat Anda berbau lebih menyengat. Bahkan, alkohol pun dapat memengaruhi bau keringat Anda.

5. Rutin Cukur Bulu Ketiak

Untuk mengurangi risiko munculnya bau ketiak, Anda perlu untuk mencukur bulu ketiak secara teratur. Pasalnya, bulu ketiak dapat menahan penguapan keringat, sehingga ketiak menjadi lembap dan membuat bakteri penyebab bau badan berkembang biak dengan cepat.

Demikian ” Tips Atasi Bau Ketiak Dengan Bahan Alami ” semoga bermanfaat dan bantu share ya Cavaners..

Reviews

Related Articles