fbpx
Monday, June 27, 2022

If you visit our website outside our country, please use the translate button in the top menu

5 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause

5 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause
5 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause 2

Manfaat vitamin D diyakini bisa mengurangi pertanda akibat estrogen yang terus menurun, Sebagian besar perempuan yang sudah merambah waktu menopause mengalami pergantian pada tubuhnya termasuk hadapi bermacam kendala kesehatan tertentu. Guna melindungi kesehatan tubuh, Cavaners butuh komsumsi asupan yang bergizi dan bernutrisi.

Advertisements

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Selanjutnya uraian hal manfaat vitamin D buat perempuan yang sudah menopause.

Berikut manfaat vitamin D untuk wanita menopause

Mengutip dari Harvard Health Publishing, komsumsi santapan khusus, suplemen, vit, sampai berolahraga bisa kurangi serta menghindari keparahan beberapa pertanda menopause. Perihal ini berguna buat tingkatkan kualitas hidup perempuan bersamaan bertambahnya umur.

Salah satu vitamin yang Anda butuhkan ialah vitamin D sebab berguna buat melindungi tubuh berfungsi dengan bagus.

Advertisements

Berikut adalah beberapa manfaat vitamin D untuk wanita yang sudah memasuki fase menopause.

1. Mengurangi resiko diabetes

Ketidakseimbangan hormon pada sebelum dan setelah menopause juga mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh naik turun. Hal ini dapat memicu terjadinya diabetes saat Anda menopause, apabila Cavaners tidak bisa terkontrol dengan baik.

Tingkat vitamin D yang rendah juga mengakibatkan penurunan pelepasan insulin dalam tubuh. Vitamin D dipercaya dapat membantu mencegah diabetes seperti meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

2. Menjaga kesehatan tulang

Perlu Anda ketahui kalau tubuh hanya bisa meresap kalsium sebagai bagian penting tulang bila di dalam badan terdapat vitamin D.

Mengutip dari John Hopkins Medicine, komsumsi vit D membantu penyerapan kalsium serta pembuatan tulang pada perempuan menopause. Vit D pula bisa membantu kurangi resiko patah tulang belakang, pengapuran tulang( osteoporosis), dan kelemahan otot serta tulang( osteomalasia).

Advertisements
See also  5 Hal Sepele yang Menimbulkan Bau Badan Tak Sedap, Salah Satunya Salah Memilih Bahan Pakaian!

3. Mencegah kanker payudara

Kanker payudara jadi salah satu permasalahan kesehatan perempuan, termasuk pada saat Anda merambah tahap menopause. Sebenarnya, menopause tidak meningkatkan resiko kanker payudara.

Tetapi, bertambahnya umur dan kandungan hormon estrogen dalam tubuh Anda dapat jadi salah satu pemicunya. Cara menghindari kenaikan resiko kanker payudara buat perempuan menopause salah satunya dengan komsumsi vit D.

Vitamin D berfungsi dalam mengendalikan perkembangan sel payudara normal serta bisa jadi bisa menghentikan perkembangan sel kanker payudara. Terdapat pula sifat anti karsinogenik yang bakal melawan zat- zat pemicu penyakit kanker dalam vit D.

Kondisi ini pula tergantung dari varian dalam gen reseptor vit D yang mengatur bagaimana sel dalam tubuh Anda meresap vit. Gen reseptor inilah yang mempengaruhi kemampuan vit D untuk menghindari ataupun membuat kanker jadi tidak terlalu parah.

4. Menjaga kesehatan organ intim

Gejala atau tanda menopause pula bisa mempengaruhi kondisi bagian intim perempuan, yakni vagina. Beberapa permasalahan yang umumnya dirasakan adalah vagina kering, gatal- gatal, sampai iritasi.

Advertisements

Ini sebenarnya normal terjadi, mengingat disaat menopause, kandungan estrogen yang melumasi serta melindungi fleksibilitas otot vagina menyusut.
Akibatnya, hal ini dapat mengganggu aktifitas tiap hari, termasuk dalam aktifitas intim dan kenyamanan Anda dalam beraktifitas.

Kabar baiknya, vit D pula berguna mengatasi permasalahan yang mempengaruhi organ intim buat perempuan menopause.
Vit D bisa membantu tingkatkan perkembangan sel epitel vagina yang akan mengurangi pertanda gatal- gatal serta iritasi, terutama buat perempuan menopause.

Fungsi yang lain, vit D pula membantu mengatasi permasalahan vagina kering serta melindungi penyeimbang pH vagina yang nantinya dapat menghindari permasalahan seperti bacterial vaginosis.

Advertisements
See also  Berbagai Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan Kulit

5. Meningkatkan suasana hati

Selain mempengaruhi kondisi vagina, menopause juga bisa mempengaruhi suasana hati Anda sebab pergantian hormon dalam badan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan menopause bisa mengakibatkan tekanan mental, gampang tersindir, sampai kelelahan berkelanjutan.


Maka dari itu, Anda butuh melakukan suatu buat megatasi hal itu. Salah satunya ialah dengan komsumsi vit D. Vit D pula berfungsi penting dalam mengatur emosi serta tingkatkan suasana hati.


Penuhi konsumsi vit D buat perempuan menopause
Sebenarnya, tubuh telah dapat menciptakan vit D sendiri. Walaupun begitu, Anda hendaknya pula meningkatkan asupan dari luar supaya dapat penuhi keinginan vit setiap hari.

Contoh makanan yang memiliki vitamin D yang cukup besar seperti

Untungnya, masih terdapat suplemen vit D sebagai solusinya. Kebutuhan tiap orang dalam komsumsi vit D termasuk buat perempuan menopause sebenarnya berbeda- beda.

Pada orang yang lebih lanjut usia, umumnya vit D yang bisa diminum ialah 600– 800 IU.

Advertisements
spot_img

Reviews

Related Articles